Perusahaan China Garap 5 Proyek Pengembangan Lahan LRT Bareng Anak Usaha BUMN PT Adhi Commuter

| 14 Oct 2021 20:48
Perusahaan China Garap 5 Proyek Pengembangan Lahan LRT Bareng Anak Usaha BUMN PT Adhi Commuter
Adhi commuter properti (Antara)

ERA.id - PT Adhi Commuter Properti (ADCP) menjalin kerja sama dengan China Railway 20 Bureau Group Corporation (CR20G), untuk mendukung penyelesaian sejumlah proyek hunian berkonsep transportasi massal (TOD), yang sedang dikerjakan anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk tersebut.

Direktur Utama ADCP Rizkan Firman mengatakan ke depan CR20G akan menjadi mitra kerja sama pengembangan lahan yang ada di LRT City Tebet, LRT City Cikunir, LRT City Bekasi-Green Avenue, Adhi City Sentul, dan LRT City Cibubur.

"Kami bersyukur dapat menjalin kerja sama dengan CR20G yang merupakan perusahaan kontraktor konstruksi umum, jasa investasi, dan manufaktur untuk sejumlah proyek hunian konsep transit oriented development (TOD) yang tengah kami kembangkan. Ini salah satu upaya ADCP untuk membuktikan komitmen kami menyelesaikan proyek sesuai target dan tepat waktu," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Rizkan dan Business Manager CR20G Yang Jin long, sebagai perwakilan negara.

Turut hadir pula Joe Xu selaku Marketing Manager Overseas Operations CR20G, Wahyu Soetomo dari PT Multi Agung selaku perwakilan dari CR20G dan Anto Mulia dari PT Lotus Investasi Management.

CR20G Corporation adalah perusahaan jasa konstruksi infrastruktur, konsultan teknik dan desain, real estat, jasa investasi, manufaktur, peralatan, kereta api, jalan raya, jembatan, terowongan, stasiun kereta bawah tanah, dan jalan raya.

Adapun penandatanganan ini sebagai dasar dari kedua pihak untuk melaksanakan seluruh kegiatan dan tahapan persiapan yang diperlukan sebelum menentukan skema kerja sama dan menandatangani perjanjian kerja sama yang lebih definitif.

Corporate Secretary ADCP Adi Sampurno menjelaskan sebagai salah satu pengembang hunian terintegrasi dengan transportasi massal, pihaknya tengah mengembangkan proyek hunian berkonsep TOD dengan harga yang terjangkau untuk milenial. Saat ini ada 11 proyek hunian TOD dari ADCP yang sedang berjalan, tujuh di antaranya berada di titik stasiun LRT Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek).

Proyek-proyek tersebut antara lain LRT City Bekasi-Eastern Green, LRT City Bekasi-Green Avenue, LRT City Jatibening, LRT City MTH, LRT City Tebet, LRT City Ciracas, LRT City Cibubur, LRT City Sentul, Adhi City Sentul, serta Grand Central Bogor-Member of LRT City, Cisauk Point-Member of LRT City, dan Oase Park-Member of LRT City.

ADCP mendapatkan keuntungan dari pembukaan komersial penuh LRT Jabodebek, yang menurut pemerintah akan dibuka pada Juni 2022 untuk ruas Cibubur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

"Konsep TOD memberikan keuntungan, karena merupakan bentuk strategi perencanaan dan desain untuk mencapai pembangunan perkotaan yang padu. Secara umum, TOD adalah pengembangan properti seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, perumahan, hotel yang terkoneksi secara langsung, atau dalam jarak nyaman berjalan kaki maupun bersepeda, dengan stasiun transportasi publik massal, seperti kereta api, LRT dan MRT. Melalui konsep hunian terintegrasi dengan transportasi massal, kami optimistis properti yang kami kembangkan akan diminati," ujar Adi.

ADCP yang bergerak di bidang property, hospitality dan support, memiliki portofolio kuat dari proyek TOD baik eksisting maupun baru yang terletak di Jabodetabek. Seluruh kawasan itu memiliki total unit lebih dari 54.000 unit, dengan landbank sebesar 140 hektare.

Rekomendasi