Azyumardi Azra Sarankan Golkar Tak Usah Pakai Buzzer untuk Menang di 2024

Tim Editor

Seorang petani yang sedang bersantai memakai baju Golkar

ERA.id - Menanggapi redupnya sinar partai Golkar selepas kepengurusan Akbar Tanjung, cendekiawan muslim Azyumardi Azra menilai kalau Golkar masih memiliki jaringan sosial-politik yang luas.

Azra menilai, kelebihan itu mesti direvitalisasi, karena kelompok yang memiliki jaringan dengan Golkar saat ini memiliki disorientasi, sehingga hal ini perlu dikonsolidasikan.

Menurut Azyumardi, secara restoraktif Golkar memerlukan kepemimpinan kharismatik yang dekat dengan berbagai kelompok masyarakat, ini yang diperlukan jika Golkar mau menang pada 2024.


Azyumardi menyarankan agar pemimpin Partai Golkar untuk terus menjalin hubungan dengan berbagai ormas dan masyarakat secara luas.

Selain itu, untuk meningkatkan figur yang akan diusung sebagai Calon Presiden 2024, Partai Golkar harus meningkatkan 'political marketing figur' tersebut.

"Politik marketingnya luar biasa waktu itu (zaman Akbar Tanjung tahun 2004). Nah ini perlu ditingkatkan lagi (saat ini). Apalagi di zaman media sosial seperti ini, apa saja harus dipasarkan. Politik marketingnya harus mantap. Mungkin enggak perlu 'buzzer'. Mungkin 'influencer' bisa diperlukan," ujar Azyumardi.

Tag: golkar buzzer influencer azyumardi azra

Bagikan: