Cak Imin Minat Jadi Capres 2024, Gerindra Beri Sinyal Koalisi

| 21 Oct 2021 14:30
Cak Imin Minat Jadi Capres 2024, Gerindra Beri Sinyal Koalisi
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan siap maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku pihaknya menyambut baik siapapun yang berminat maju di Pilpres 2024.

"Menurut saya, sah-sah saja memajukan kadernya, putra terbaiknya, apalagi ini ketua umumnya. Kita sambut baik majunya Cak Imin di kontestasi Pemilu Presiden," ujar Dasco di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

Namun, kata Dasco, saat ini Gerindra masih belum mendeklarasikan calon presiden yang akan diusung partainya. Sementara terkait koalisi, dia mengaku baru akan melakukan penjajakan termasuk dengan PKB jika sudah mendeklarasikan calon presiden.

"Pada saatnya nanti Gerindra akan menyampaikan calon presiden dari Gerindra dan kemudian akan melakukan penjajakan terhadap koalisi-koalisi dengan partai politik yang ada dan tidak menutup pintu untuk PKB," kata Dasco.

Dasco mengatakan, meskipun belum deklarasi calon presiden namun mayoritas kader Gerindra menginginkan Ketua Umum Prabowo Subianto menjadi capres 2024.

Lebih lanjut, Dasco juga mengatakan bahwa samapi saat ini partainya juga belum melirik siapa pasangan yang akan berdampingan dengan Prabowo. Sebab, keputusan terkait calon presiden belum diputuskan.

"Ya kita calon presidennya saja belum kita tetapin, gimana kita incar calon wakil presiden, nantilah," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin terang-terangan menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Menurutnya, Pilpres 2024 sebagai tantangan bagi dirinya untuk maju sebagai capres. Kendati begitu, dia mengaku tidak mau tergesa-gesa dalam mengambil langkah.

”Ya saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap. Tapi harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya,” ujar Cak Imin dalam keterangannya, Senin (18/10/2021).

Rekomendasi