Papasan dengan Mensos Risma, Intip Momen Ganjar Pranowo Ziarah Makam Bung Karno Bersama

| 24 Oct 2021 22:29
Papasan dengan Mensos Risma, Intip Momen Ganjar Pranowo Ziarah Makam Bung Karno Bersama
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menteri Sosial Tri Risma Harini di makam Bung Karno, Blitar, Minggu (24/10). (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mengunjungi Makam Bung Karno di Blitar, Minggu (24/10). Ternyata di lokasi sudah lebih dulu datang Menteri Sosial (Mesos), Tri Rismaharini.

Ganjar tiba di makam tersebut menjelang tengah hari. Ratusan orang langsung mengerubungi pria berambut putih itu untuk meminta foto bersama Ganjar.

Komplek makam Bung Karno hari itu memang ramai sekali. Ternyata sedang ada acara bersih makam yang dipimpin Risma. Begitu tahu ada Risma, Ganjar langsung menghampiri. Saat itu Risma sedang duduk beristirahat.

"Pantesan rame sekali. Tibake ono njenengan nang kene (ternyata ada anda di sini)," kata Ganjar kepada Risma sambil mengatupkan kedua belah tangan.

"Rame opo, aku wes rong dino nang kene (ramai apanya, saya sudah dua hari di sini)," jawab Risma.

Setelah menyapa singkat, Ganjar pun pamit menuju nisan Bung Karno. Dia lalu nyekar dan memanjatkan doa. Sementara Risma bergeser keluar area nisan.

Usai berziarah, Ganjar menjalankan ibadah salat Duhur di musala komplek makam. Usai salat, Ganjar mengatakan tidak ada agenda khusus ke makam Bung Karno. Ia hanya berniat ziarah setelah mengunjungi Taman Anggrek Ranu Darungan di Lumajang.

"Ya cuma ziarah. Tadi dari lihat anggrek terus ke sini," katanya.

Ganjar juga tidak janjian dengan Risma. Ia baru tahu ada Risma ketika sampai di makam.

Ganjar berharap dengan penataan makam oleh Kemensos, semua pihak bisa menjaga kebersihan, merawatnya, dan semua pengunjung bisa menikmatinya.

"Mboten (tidak, janjian). Bu Risma kan sudah dua hari ini di sini. Beliau kerjaannya top banget ini. Beresin ini itu. Ya kebetulan saja pas saya ke sini ketemu. Eh terus Bu Risma ke mana ya," katanya mencari Risma.

Saat berziarah itu, Ganjar juga mendapat hadiah dari warga Blitar berupa gambar sketsa wajahnya dari goresan pensil di atas kertas.

Sang pemberi gambar itu bernama Charis. Warga Kota Blitar ini memang seniman muda yang sering menggambar tokoh kenamaan.

"Saya memang mengidolakan beliau dan suka mengikuti sosmed Pak Ganjar, kebetulan dapat kabar beliau datang hari ini. Semalam saya kebut gambarnya, ya ini dadakan sebenernya," kata Charis.

Ganjar mengaku senang mendapat hadiah tersebut. “Saya senang dapat hadiah dari warga Blitar, ini suatu hadiah yang sangat berharga karena dibuat langsung dari tangan kreatif warga Kota Blitar,” jelasnya.

Rekomendasi