Peringati Sumpah Pemuda, Airlangga Hartarto: Semangat Perjuangan Masa Lalu Iringi Langkah Pemuda Hari Ini

| 28 Oct 2021 22:03
Peringati Sumpah Pemuda, Airlangga Hartarto: Semangat Perjuangan Masa Lalu Iringi Langkah Pemuda Hari Ini
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Dok. Kemenko Perekonomian)

ERA.id -  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan bahwa semangat perjuangan di masa lalu senantiasa mengiringi derap langkah pemuda Indonesia masa kini. Terutama untuk membuat negeri ini semakin maju.

Hal itu disampaikan Airlangga dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 yang jatuh pada 28 Oktober 2021.

Airlangga Hartarto kemudian mencontohkan betapa semangat pantang menyerah dan keinginan untuk senantiasa maju tersebut membuat Indonesia kini sukses menangani pandemi Covid-19 setelah dua tahun terakhir terbelenggu pandemi.

Airlangga yang juga Menko Perekonomian serta Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengingatkan masyarakat Indonesia, tak terkecuali kalangan muda, kaum milenial atau generasi Z, agar senantiasa waspada, dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan yang juga tak henti digelorakan oleh pemerintah.

Ketua Umum Partai Golkar ini menegaskan, Indonesia memang mendapatkan pujian dari dunia internasional karena keberhasilan dalam menangani dan mengatasi pandemi Covid-19 sekaligus bangkit dari ancaman keterpurukan ekonomi. Akan tetapi, berbagai pujian tersebut tidak boleh membuat kita menjadi lalai.

“Kita tetap harus bekerja keras untuk membuat pandemi menjadi endemi dan ke depannya kita benar-benar bisa lebih nyaman dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, sementara ekonomi dan perekonomain berjalan lebih baik lagi,” ucap Ketua Umum Partai Golkar.

Airlangga Hartarto mengakui pandemi Covid-19 juga memberi dampak pada Indonesia. Namun, menurutnya, hal itu tidak sebanding dengan dampak yang dialami negara lainnya.

"Pandemi memang memukul kita, tapi dibandingkan apa yang terjadi di negara lain, kami terberkati dengan ketangguhan ekonomi. Catatan kami, sejauh ini, Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di Asia, dalam konteks kebangkitan pandemi," ujar Airlangga.

“Kita harus tetap optimistis menghadapi masa depan, karena kita memiliki pemimpin yang hebat, yakni Presiden Joko Widodo. Kita juga harus bersama-sama yakin bahwa Indonesia memiliki harapan baik di masa depan,” lanjut Airlangga Hartarto.

Airlangga Hartarto menyebut momentum baik dari peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, dengan tema besar "Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh". Tema tersebut berkorelasi denga apa yang sudah dan terus dilakukan oleh pemerintah, yang dengan segala daya dan upaya tengah menangani pandemi Covid-19 dan segala dampaknya, termasuk dampak ekonomi.

"Pemuda adalah bagian terpenting yang harus kita persiapkan untuk mempunyai minat kewirausahaan. Karena kita tahu kita akan menghadapi bonus demografi dan pemuda adalah unsur penting di dalam bonus demografi," papar Airlangga Hartarto.

Dalam konteks pemuda, Ketua Umum Partai Golkar menyampaikan bahwa Partai Golkar adalah partai pilihan anak muda, kaum milenial atau generasi Z. Hasil dari berbagai lembaga survei yang membuktikan hal itu. 

Airlangga Hartarto memberikan contoh dari pelaksanaan pilkada 2020, di mana Partai Golkar menjadi partai penyumbang kader muda terbanyak. Dari 60 kader yang didorong Partai Golkar, 25 di antaranya berhasil lolos, baik menjadi kepala daerah maupun wakil kepala daerah. Banyak juga tokoh muda Golkar di DPR.

“Ini bukti bahwa kami, di Partai Golkar, selalu memberikan ruang seluas-luasnya kepada kader-kader muda yang sangat luar biasa. Kita selalu menempatkan kader-kader terbaik di pos-pos strategis yang ada di republik ini,” tegas Airlangga Hartarto.

Ketua Umum Partai Golkar kemudian menjelaskan tentang keberadaan Golkar Institute yang disebutnya sebagai “kawah candradimuka” penggodokan kader-kader muda Partai Golkar yang potensial.

Rekomendasi