Surya Paloh Tak Ingin Ada Ketua Umum Partai Ikut Konvensi Capres 2024 yang Diadakan NasDem

| 28 Oct 2021 20:15
Surya Paloh Tak Ingin Ada Ketua Umum Partai Ikut Konvensi Capres 2024 yang Diadakan NasDem
Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

ERA.id - Ketua Umum NasDem Suya Paloh menyarankan agar tak ada ketua umum partai politik yang mengikuti konvensi yang diselenggarakan partainya. Konvensi tersebut untuk dilakukan untuk mencari tokoh yang akan diusung NasDem pada Pilpres 2024 mendatang.

Menurut Surya, jika ada ketua umum partai politik yang mengikuti konvensi maka rentan terjadi konflik kepentingan. Dia sendiri tak berminat ikut konvensi capres.

"NasDem kebetulan Ketua Umumnya tidak tertarik untuk ikut jadi peserta konvensi. Dan sebaiknya kalau ada konvensi dilakukan, ketua umum partai tidak ikutan. Kalau ketua umum partai ikut (Pilpres), sebaiknya dia jangan ikut (konvensi)," kata Surya di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021).

"Kalau dia ketua umum partai dan dia peserta konvensi, ini ada benturan conflict of interest menurut NasDem," imbuhnya.

Hingga saat ini, kata Surya, konvensi capres 2024 masih digodok internal NasDem. Termasuk juga dalam hal mencari koalisi sebelum  konvensi agar tokoh yang terpilih mendapatkan tiket Pilpres 2024.

Dia berharap, konvensi akan memberikan pilihan calon presiden alternatif kepada masyarakat dan menghasilkan capres terbaik. Surya yakin NasDem mampu memberikan pilihan terbaik kepada masyarakat.

"Kalau konvensi dijalankan ya dua hal yang diharapkan, dia menghasilkan satu, nilai konvensi dengan katakanlah memberikan alternatif pilihan yang cukup signifikan bagi masyarakat terhadap kandidat-kandidat calon presiden itu sendiri," kata Surya.

"Kedua, menghasilkan calon presiden terbaik sebagai pemenang konvensi," imbuhnya.

Terkait dengan ajakan Partai Golkar yang ingin membentuk koalisi dari pecahan partai beringin, Surya mengaku akan duduk bersama dengan Golkar untuk membahas rencana tersebut.

"Nanti kita lihat, coba bisik-bisik dulu lah," pungkasnya.

Rekomendasi