Indonesia Buka Opsi Bebaskan Karantina buat Turis Asing yang Sudah Divaksinasi, Airlangga: Masih Dikaji

| 15 Nov 2021 18:17
Indonesia Buka Opsi Bebaskan Karantina buat Turis Asing yang Sudah Divaksinasi, Airlangga: Masih Dikaji
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah terus mengkaji kebijakan vaccine travel line (VTL) untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata.

Selain itu, pemerintah juga masih memantau perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di berbagai negara.

"Kajian terhadap vaccine travel line terus dilakukan. Namun pemerintah terus memonitor tingkat kasus di berbagai negara," ujar Airlangga dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/11/2021).

Berdasarkan hasil monitor yang dilakukan pemerintah, Airlangga mengklaim kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia jauh lebih baik di bandingan sejumlah negara lain. Misalnya dibandingkan dengan Thailand, Singapura, Malaysia, dan Australia.

Airlangga lantas mencontohkan, untuk kasus Covid-19 per 100.000 penduduk, Indonesia hanya satu. Sementara Thailand tercatat ada 89 kasus, Singapura 454 kasus, Malaysia 127 kasus, dan Australia 51 kasus.

"Kalau kita lihat dibandingkan dengan berbagai negara lain, posisi kita relatif lebih baik," kata Airlangga.

"Sehingga, tentu kita akan terus memonitor kondisi sebelum dilakukan pembukaan dengan negara-negara lain," imbuhnya.

Selain itu, kata Airlangga, dalam rapat terbatas kabinet siang tadi, Presiden Joko Widodo juga meminta para menterinya untuk memperhatikan kondisi negara-negara lain sebelum melakukan kunjungan luar negeri.

"Bapak presiden meminta terkait untuk kunjungan diperhatikan, terutama memperhatikan kondisi di berbagai negara lain," pungkasnya.

Rekomendasi