Haikal Hassan Tuding Rizieq Ditahan di Bawah Tanah, Polisi: di Basement Bareskrim, AC 24 Jam

| 16 Nov 2021 12:42
Haikal Hassan Tuding Rizieq Ditahan di Bawah Tanah, Polisi: di Basement Bareskrim, AC 24 Jam
Habib Rizieq (antara)

ERA.id - Mabes Polri meluruskan isu soal Rizieq Shihab yang ditempatkan di sel tahanan bawah tanah.

Polisi membenarkan Rizieq Shihab ditahan di laantai bawah tanahan, tapi konteks bawah tanah yang dimaksud adalah basement.

"Pengertian di bawah tanah itu basement. Tapi basement itu sangat layak. Sama kayak ruang ini. Sudah diukur standar kesehatannya. Jadi pengertian di bawah tanah itu jangan timbulkan konotasi di dalam tanah," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Senin (15/11).

Meski sel tahanan Rizieq berada di basement, kata Ramadhan, tidak ada perbedaan fasilitas dengan tahanan lainnya. Semua sesuai dengan standar yang berlaku.

"Jadi posisinya basement bangunan memang seperti itu. Tetapi kondisinya tetap ada ruang AC," kata Ramadhan.

"itu Gedungnya layak. tetap menggunakan AC ya dan AC-nya 24 jam. jadi perlakuannya sama. Jadi prinsipnya tidak ada perbedaan, tidak ada diskriminasi satu tahanan dengan tahann lain. tidak ada perbedaan," sambungnya.

Bahkan, Ramadhan juga menyatakan semua fasilitas kesehatan pun diberikan. Sehingga, tidak membeda-bedakan Rizieq dengan tahanan lainnya.

"Semua hak kita berikan. kalau sakit kita beri pengobatan, tempat ibadah kita berikan," tandas Ramadhan.

Sebelumnya, viral di media sosial pernyataan ketua HRS Center Haikal Hassan soal kondisi terkini Habib Rizieq.

"Habib Rizieq itu sudah hampir 9 bulan dia tidak melihat matahari, karena di bawah di bawah tanah. Nggak bisa lihat matahari," katanya dalam video yang beredar.

Ia pun mengungkapkan ada CCTV yang memperlihatkan Habib Rizieq merasa frustasi.

'Sudah hampir 9 bulan orang nggak lihat matahari gimana coba sampai datang di ruangan ada cctv-nya Habib Rizieq ngomong 'pak polisi mau bunuh saya Pak gampang nggak usah, nggak usah ngikutin. Nggak usah anak buah saya dikorbanin, maafin saya aja sekarang nggak apa-apa. Nggak apa-apa berisik," katanya.

Rekomendasi