Presiden Resmi Lantik Suharyanto Jadi Kepala BNPB Gantikan Ganip Warsito

| 17 Nov 2021 14:58
Presiden Resmi Lantik Suharyanto Jadi Kepala BNPB Gantikan Ganip Warsito
Suharyanto (Tangkapan layar Sekretariat presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Mayjen TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (17/11/2021).

Prosesi pelantikan Suharyanto diawali pembacaan surat Keputusan Presiden Nomor 140 P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangatan Kepala Badan Nasional Bencana.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Suharyanto menirukan ucapan Jokowi saat pengambilan sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara."

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja degan sebaik-baiknya dengan penuh dengan rasa tanggung jawab," bunyi sumpah jabatan Suharyanto.

Untuk diketahui, Suharyanto dilantik sebagai Kepala BNPB untuk menggantikan Letjen TNI Ganip Warsito yang akan memasuki masa pensiun pada tahun ini.

Ganip sebelumnya dilantik sebagai Kepala BNPB menggantikan Letjen TNI Doni Monardo pada Mei 2021 lalu.

Suharyanto pernah menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden. Dia juga pernah menjabat sebagai Pangdam Brawijaya.

Rekomendasi