Menag Yaqut Kabarnya Tak Bisa Bahasa Arab, Netizen Bersyukur: Alhamdulillah...

| 23 Nov 2021 16:43
Menag Yaqut Kabarnya Tak Bisa Bahasa Arab, Netizen Bersyukur: Alhamdulillah...
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Setkab)

ERA.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas belakangan viral, usai video pendek yang memuat dirinya, terlihat menyimak omongan pria berbahasa Arab.

Yang bikin gagal fokus adalah, Menag Yaqut membawa seorang penerjemah. Usai pria Arab itu mengucapkan beberapa kalimat, sang penerjemah itu langsung menerjemahkan ke bahasa Indonesia.

Kejadian itu terjadi saat Gus Yaqut mengunjungi Arab Saudi pada Senin (22/11/2021) kemarin dan diunggah oleh akun Twitter @lollaaurora.

"Beneran nih Menag gk bisa bahasa Arab ??" tanyanya.

Tak lama, video juga dibagikan oleh tokoh Papua Christ Wamea. Ia langsung ikut memprotes penggunaan penerjemah bahasa Arab oleh Menag Yaqut.

"Menag kok begini. Bgmn bisa lobi kuota haji klu tdk bisa berbahasa arab," protesnya yang dilihat ERA.id pada hari ini (23/11/2021).

Kehebohoan pun makin menjadi-jadi usai netizen mengomentari aksi Menag Yaqut yang terlihat hanya jadi pendegar setia sewaktu si pria Arab berbicara.

"Gapapa mba sisi positifnya buka lapangan kerja buat penerjemah. Salfok nih penerjemahnya ganteng amat," tutur @zarazettirazr.

"Penterjemahnya Hb Ali Bahar yg biasa ngaji di Petamburan saat ada Habib Rizieq. Katanya ini kader terbaik NU makanya dpt jabatan Menag, lah ko level nya kalah sama santri Petamburan," tulis @HushRush001.

Di sisi lain, ada pula yang mewajarkan sikap Menag Yaqut. "gpp sih klo menurut saya ya ... malah bisa memperkenalkan bahasa indonesia ke dunia luar. Ketika pak soeharto ke luar negeri , walaupun beliau bisa bahasa inggris tp karena beliau ingin memperkenalkan bahasa indinesia ke dunia, jadi beliau sering memakai bhs indo," tulis @_anneve.

Dalam kunjungannya ke Arab Saudi Menag Yaqut Cholil Qoumas melakukan pembicaraan dengan otoritas haji dan umrah Arab Saudi.

Dikutip dari akun Kemenag.go.id, Menag Yaqut bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi H.E Tawfiq F. Al-Rabiah di Makkah pada Senin 22 November 2021.

Rekomendasi