Urgensi Memahami Literasi Digital, Dua Sisi 'Mata Uang' Digitalisasi

| 23 Nov 2021 18:40
Urgensi Memahami Literasi Digital, Dua Sisi 'Mata Uang' Digitalisasi
Ilustrasi digitalisasi (Foto: Antara)

ERA.id - Anggota Komisi I DPR Rizki Sadig mengingatkan masyarakat agar memahami literasi digital. Sehingga tak asal menyebarkan informasi yang belum dipastikan kebenarannya.

"Ini tidak hanya orang-orang baik di dalamnya (interney), ada orang jahat, ada orang yang ingin memproduksi kreatifitas, ada orang yang ingin apa menyebarkan kebencian, ada orang yang ingin melakukan cyber bullying," kata Rizki dalam diskusi daring, Selasa (23/11/2021).

Ia juga meminta agar masyarakat mewaspadai tawaran-tawaran pinjaman online yang marak. Justru adanya kemajuan teknologi lewat digitalisasi merupakan kesempatan yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

"Khususnya untuk lebih beradaptasi terhadap kemajuan teknologi, teman jangan lupa untuk memberikan pemahaman kepada orang-orang yang masih belum paham mengenai teknologi," katanya.

Terkait hal ini, Akademisi Universitas Esa Unggul Gun Gun Siswadi mengatakan seharusnya pengguna internet bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk meningkatkan kesejahteraan. Apalagi saat ini calon konsumen tersebar dari lokal hingga internasional.

"Calon konsumen kita ternyata tidak hanya satu negara, tidak hanya satu provinsi tidak hanya di 1 kabupaten kota tapi juga bisa sampai ke seluruh negara Indonesia Sabang sampai Merauke," katanya.

Rekomendasi