Peringati Hari Jadi, KKB Papua Klaim Pendukungnya akan Gelar Perayaan di Papua dan Australia Pada 1 Desember

| 29 Nov 2021 11:45
Peringati Hari Jadi, KKB Papua  Klaim Pendukungnya akan Gelar Perayaan di Papua dan Australia Pada 1 Desember
Ilustrasi KKB (Istimewa)

ERA.id - Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua yang mengaku Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menegaskan akan tetap merayakan hari jadi kelompoknya pada 1 Desember mendatang.

Juru bicara KKB Sebby Sambom menegaskan perayaan upacara militer akan dilaksanakan di 34 wilayah yang jadi markas kelompoknya di Papua.

"Himbauan kami tunjukkan dimana Kodap yang sudah siap wajib melakukan upacara militer," ujar Sebby kepada Era.id pada Senin (29/11/2021).

Dirinya pun menegaskan para pendukungnya di Austraia juga akan menggelar upacara peringatan 1 Desember dan juga akan diliput oleh media setempat. "Kodap yang sudah mempersiapkan rekaman video pada 1 desember kirim ke markas pusat TPNPB agar kami lanjutkan ke wartawan Australia," tambah dia.

Sebby mengklaim 1 Desember merupakan hari dimana pemerintah belanda mengumumkan embrio bangsa Papua Barat, namun Indonesia sengaja menghilangkan bukti sejarah tersebut. 

"Kami tetap mempertahankan itu dan sebagai anak bangsa kami sudah melakukan peryaan dari 1961 sampai hari ini," jelas dia.

Rekomendasi