TNI AU Kerahkan Prajurit dan Alutsita Bantu Penanganan Dampak Letusan Gunung Semeru

| 05 Dec 2021 12:30
TNI AU Kerahkan Prajurit dan Alutsita Bantu Penanganan Dampak Letusan Gunung Semeru
Letusan Gunung Semeru (Antara)

ERA.id - Merespon bencana alam erupsi gunung Semeru di  Kabupaten Lumajang dan Malang Jawa Timur, TNI AU langsung bergerak cepat. Sebanyak 46 prajurit Lanud Abdulrachman Saleh, diturunkan ke lokasi bencana di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021).

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, TNI AU sudah mengirimkan puluhan prajurit yang terdiri dari unsur Paskhas untuk SAR, Kesehatan, Potdirga, Intel dan penerangan  ke lokasi bencana.

"Misi prajurit TNI AU yang dipimpin Kadispotdirga Lanud Abdulrachman Saleh  adalah menyerahkan bantuan Sembako ke posko utama yang ada di pendopo Bupati Lumajang dan lanjut mendirikan tenda posko tanggap darurat di desa terdampak Sumber Wuluh, Lumajang," terang Kadispenau.

Kadispenau menambahkan, pergerakan prajurit di darat juga didukung kendaraan truk logistik dan peralatan SAR, Ambulance kesehatan dan motor kawal.

 Saat ini beberapa Alusista TNI AU juga sudah bergerak ke Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Satu pesawat helikopter EC-120 Colibri yang langsung dipimpin Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Malang Marsma TNI Zulfahmi melaksanakan assesment pemantauan lokasi terdampak erupsi dari udara.

Sementara satu Helikopter AS-332 Super Puma bergerak dari Lanud Iswahjudi menuju Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.  Selain itu juga disiagakan helikopter di Lanud Atang Sendjaja Bogor dan satu pesawat C-130 Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Rekomendasi