Survei Indopol: Elektabilitas Ganjar Pranowo Jadi Bayang-Bayang Prabowo Subianto

| 13 Dec 2021 11:15
Survei Indopol: Elektabilitas Ganjar Pranowo Jadi Bayang-Bayang Prabowo Subianto
Ganjar Pranowo (ERA.id)

ERA.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lagi-lagi mendapatkan elektabilitas tertinggi dalam survei calon presiden. Berdasarkan survei yang dilakukan lembaga survei Indopol, kedua tokoh tersebut masing-masing 17,24 persen dan 17,15 persen.

"Dalam pertanyaan semi terbuka, 29 nama yang disodorkan ke publik, Prabowo Subianto memiliki popularitas tertinggi dan sudah hampir maksimal (91,30 persen) dengan tingkat kedisukaan publik sebesar 72,28 persen dan akan dipilih sebesar 17,24 persen," tulis hasil survei Indopol yang dikutip pada Senin (13/12/2021).

"Di posisi kedua yakni Ganjar Pranowo, meskipun popilaritas masih sebesar 74,07 persen, dengan tingkat kedisukaan yang efektif sebesar 62,03 persen dan keterpilihan hampir sama dengan Prabowo yakini 17,15 persen."

Posisi ketiga ditempati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilias 13,58 persen. Di posisi selanjutnya ada nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 5,37 persen, dan disusuk Menparekraf Sandiaga Uno dengan elektabilitas sebesar 5,28 persen.

Selanjutnya ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesa 4,51 persen. Muncul pula nama Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dengan elektabilitas 2,93 persen.

Di jajaran angka satu persen ada nama Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menko Polhukam Mahfud MD dengan elektabilitas yang sama yaitu 1,87 persen.

Disusul Ketua DPR RI Puan Maharani dengan elektabilitas sebsar 1,63 persen. Bersaing dengan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan elektabilitas 1,22 persen.

Sedangkan yang elektabilitasnya berada di bawah satu persen ada nama Gubernur Jawa Barat Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan petinggi PBNU Said Agil Siraj.

Dalam survei Indopol juga mencapat, mayoritas responden menilai yang layak menjadi presiden RI adalah mereka yang memiliki latar belakang TNI sebesar 20,49 persen, dan kepala daerah 19,27 persen.

Survei Indopol digelar 19-27 November 2021 dengan menggunakan cara tatap muka. Sampel diambil dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.230 orang. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Rekomendasi