Wagub DKI Ingatkan Warga Tidak ke Luar Negeri Saat Natal

Tim Editor

Riza Patria (Dok. Antara)

ERA.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga Ibu Kota tidak melakukan perjalanan ke luar negeri dan ke luar kota, terutama saat perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 seiring adanya temuan kasus varian baru virus corona (COVID-19), Omicron di Indonesia.

"Kami minta usahakan untuk ditunda dulu bepergian ke luar negeri atau ke luar kota. Liburan Natal dan Tahun Baru bisa dilaksanakan di rumah bersama keluarga," kata Riza di Balai Kota Jakarta dikutip dari Antara, Senin (20/12/2021).

Riza menjelaskan, dalam tiga hari terakhir, jumlah kasus varian baru COVID-19, Omicron, meningkat dua kali lipat di 89 negara di dunia, termasuk Indonesia.


Kementerian Kesehatan pun telah mendeteksi lima kasus "probable" Omicron yang melibatkan pelaku perjalanan internasional dari warga negara Indonesia serta asing.

Dua kasus dialami WNI yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris. Keduanya sedang menjalani isolasi di Wisma Atlet.

Tiga kasus "probable" lainnya WNA asal China yang berkunjung ke Manado dan sekarang dikarantina di Manado.

Karena itu, Wagub meminta seluruh warga, terutama Jakarta, untuk tetap waspada, tidak euforia menjelang Natal dan Tahun Baru serta terus melaksanakan protokol kesehatan 5M.

Menurut dia, sekali pun warga telah mendapatkan vaksin, bukan berarti mereka sudah terbebas dari paparan COVID-19 jika lengah menerapkan protokol kesehatan.

"Sekali pun di Jakarta sudah PPKM Level 1, kami minta pertama masyarakat itu sendiri, betapa pun baiknya regulasi, banyaknya petugas di lapangan, sanksi yang berat, semuanya berpulang kepada masyarakat itu sendiri," katanya.

"Kami minta masyarakat sebaiknya di rumah sebagai tempat yang terbaik," kata Riza.

Tag: covid-19 riza patria DKI Jakarta natal dan tahun baru

Bagikan: