Kepala Staf TNI AU Blak-blakan Soal Beli Pesawat Jet Tempur: Rencana Sukhoi Su-35 Kita Tinggalkan, Pilihan ke Rafale atau F-15 EX

| 22 Dec 2021 14:17
Kepala Staf TNI AU Blak-blakan Soal Beli Pesawat Jet Tempur:  Rencana Sukhoi Su-35 Kita Tinggalkan,  Pilihan ke Rafale atau F-15 EX
Pesawat Jet Tempur F-15EX dan Dassault Rafale (Wikipedia)

ERA.id - Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo angkat bicara mengenai rencana pembelian pesawat jet tempur untuk TNI Angkatan Udara.

Fadjar menyatakan TNI AU menginginkan pesawat jet tempur generasi 4.5. Itu sebab, menurut dia, saat ini pilihan pembelian mengerucut pada dua pesawat yakni Pesawat Rafale buatan Perancis dan F-15 EX buatan Amerika Serikat.

"Ini  tentunya juga kebijakan dari kemhan dan masukan dari kita semuanya," jelas Fadjar saat berbincang dengan wartawan di Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Rabu (22/12/2021).

Terkait dengan rencana pembelian Sukhoi Su-35, Fadjar menyebut hal tersebut akan ditinggalkan.

"Sukhoi Su-35 dengan berat hati ya kita harus sudah meninggalkan perencanaan itu karena kan kembali lagi dari awal kita sebutkan bahwa pembangunan kekuatan udara sangat bergantung dari anggaran," jelas Fadjar.

Pemilihan Rafale dan F-15 EX, jelas dia, juga mengikuti kondisi terkini.

Menurut dia, Rafale kini diminati oleh banyak negara. Sementara F-15 EX sesuai dengan kebutuhan Indonesia.

"Kenapoa gak F-35? Bapak-bapak baca juga, gimana mengoperasikan F-35 itu, negara maju dan kaya, saja pusing dengan biaya operasionalnya," pungkas Fadjar.

"Saya sampaikan disambutan saya juga, kita mesti realistis. selama kita juga  Di Laut China Selatan sebetulnya ancamannya buat siapa. Wong kita juga bersahabat dengan China," pungkas dia.

Rekomendasi