PKS Ajak Partai Politik Segera Umumkan Capres dan Bentuk Koalisi

| 29 Dec 2021 10:42
PKS Ajak Partai Politik Segera Umumkan Capres dan Bentuk Koalisi
Mardani Ali Sera (Dok. Instagram mardanialisera)

ERA.id - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mendorong partai-partai politik segera mengumumkan calon presiden (capres) 2024 dan membentuk koalisi untuk mengusung capres tersebut.

"Saya pribadi, kalau di PKS selalu teriak, ayo segera umumkan capresnya, segera buat koalisi dini, koalisi dari sekarang," ujar Mardani dalam acara rilis survei SMRC yang dikutip pada Rabu (29/12/2021).

Mardani memprediksi, kontestasi Pilpres 2024 mendatang akan memunculkan tiga koalisi. Berdasarkan hitungannya, PKS tak bisa jika hanya mengajak satu partai saja untuk berkoalisi, kecuali pihaknya berkoalisi dengan partai papan atas seperti PDIP, Golkar, dan Gerindra.

Sedangkan jika PKS ingin berkoalisi dengan partai papan tengah, menurut Mardani, pihaknya harus mengajak tiga partai lain supaya bisa mengusung capres di Pilpres 2024.

"PKS karena tidak bisa berdua, kecuali gabung PDIP atau gabung dengan Golkar atau Gerindra bisa dua. Kalau (koalisi) dengan partai tengah, perlu tiga partai," kata Mardani.

Mardani meyakini dengan membentuk koalisi sejak dini akan terjadi kontestasi karya dan gagasan di Pemilu 2024.

"Segera dua atau tiga gabungan parpol ini mengumumkan usul definitifnya, nah nanti akan ada perubahan fundamental dan signifikan karena kita sudah punya tiket, itu akan terjadi kontestasi karya dan gagasan," pungkasnya.

Rekomendasi