Sosok Jenderal Richard Tampubolon, Jenderal Kopassus yang Dilantik KSAD Jenderal Dudung Jadi Pangdam XVI/Pattimura

| 30 Dec 2021 17:08
Sosok Jenderal Richard Tampubolon, Jenderal Kopassus yang Dilantik KSAD Jenderal Dudung Jadi Pangdam XVI/Pattimura
Mayjen TNI Richard Tampubolon dok. Kodam Pattimura

ERA.id -Mayjen TNI Richard  Tampubolon resmi menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVI/ Pattimura, menggantikan Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M.

Acara serah terima jabatan tersebut dilaksanakan di Markas Besar TNI Angkatan Darat yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. Rabu (29/12/2021).

Beberapa pejabat yang turut hadir dalam sertijab diantaranya Wakasad, Dankodiklatad, Danpuspomad, Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Danpusterad, Danpussenif, Kakostrad serta para Asisten Kasad.

Selain Pangdam XVI/ Pattimura, terdapat beberapa Perwira Tinggi yang melaksanakan serah terima jabatan, antara lain Irjenad, Koorsahli Kasad, Pangdam XIII/ Merdeka, Asrena Kasad, Gubernur Akmil, dan Kadislaikad.

Selanjutnya akan dilaksanakan serah terima jabatan di Markas Kodam XVI/ Pattimura, Ambon, yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2022, diawali dengan acara tradisi penerimaan prajurit dan apel bersama.

Sebelum menjabat Pangdam, Mayjen TNI Richard Tampubolon menjabat sebagai Dan Koopssus TNI. Mayjen TNI Richard Tampubolon merupakan perwira tinggi yang banyak berkecimpung di pasukan elite baret merah, Kopassus , alumni Akademi Militer tahun 1992.

Pria kelahiran Medan 1969 silam ini banyak terlibat dalam operasi militer, mulai dari Operasi Timor- Timor, Irian Jaya hingga Pembebasan Sandera yang dilakukan oleh Abu Sayaf pada tahun 2016 silam. Ia pun ikut terjun langsung dalam pemberantasan teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso tahun 2020 sebagai Komandan Koopsgabssus Tricakti.

Sebagai prajurit Komando sejati, Richard banyak diberikan kepercayaan dan memiliki pengalaman berbagai macam penugasan di daerah operasi, baik operasi tempur maupun operasi intelijen.

Pengalaman operasi di berbagai wilayah Indonesia juga pernah dialaminya, seperti di Timor Timur, Papua, Ambon, Sampit (Kalteng) dan operasi Intelijen Imbangan masa Darurat Militer Aceh.

Selain itu, saat menjabat sebagai Danrindam VI/Mlw, Richard ikut andil dalam operasi pembebasan WNI yang di sandera oleh kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina.

Bahkan saat berpangkat Bintang Satu ketika menjabat sebagai Wadanjen Kopassus beliau ditunjuk sebagai Kepala Operasi (Kaops) Nemangkawi I di Papua. Richard dengan pasukan yang dibawanya sukses merebut Markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) serta melumpuhkan beberapa pimpinan militer Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB).

Sementara itu, Mayjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M., kini menjabat sebagai Dankodiklat TNI AD setelah menduduki jabatan sebagai Pangdam XVI/ Pattimura dari bulan Agustus sampai bulan Desember 2021.

Rekomendasi