Singgung Pelengseran Gus Dur, Cak Imin: Mari Bung Rebut Kembali Kursi Presiden 2024

| 22 Jan 2022 09:12
Singgung Pelengseran Gus Dur, Cak Imin: Mari Bung Rebut Kembali Kursi Presiden 2024
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar

ERA.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kian percaya diri maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Ia bahkan mengklaim didukung oleh banyak pihak, termasuk para kiai.

"Saya bukan hanya percaya diri, (tapi) saya diperintah oleh kiai-kiai untuk maju menjadi calon presiden dari berbagai penjuru tanah air. Ini bukan soal percaya diri, tapi soal perintah," kata Cak Imin dalam kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Cak Imin mengaku tekadnya semakin kuat setelah para 'Gus' (kiai) se-Tapal Kuda dan Banyuwangi kemarin juga mendorongnya maju menjadi Presiden 2024.

Dia lantas menyinggung soal pelengseran Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pada 2001. Menurut Cak Imin, Pilpres 2024 merupakan momen yang tepat bagi PKB untuk kembali merebut kursi presiden.

"Kemarin juga konsolidasi Gus-Gus mengokohkan kembali tekad dan niat untuk istilah lagunya itu 'Mari Bung Rebut Kembali'. Gus Dur yang dilengserkan waktu itu Gus Dur jadi Presiden, saatnya 'Mari Bung Rebut Kembali' kursi presiden 2024 yang akan datang," tegas Cak Imin.

Cak Imin juga percaya diri karena partainya punya 13 juta lebih pemilih. Bahkan beberapa lembaga survei juga menempatkan PKB di papan atas.

"Kurang percaya diri apa? Bahkan di papan tengah kita terbesar, bahkan survei-survei terbaru kita sudah meninggalkan papan tengah dan kini di papan atas. Tapi sayangnya papan atasnya masih juara dua," paparnya.

Di sisi lain, Cak Imin juga mendorong agar kemenangan PKB pada pemilu 1999 di Bumi Blambangan kembali dapat direbut pada Pemilu 2024 mendatang. Jika hal itu bisa diwujudkan, dia semakin optimis PKB dapat memenangi Pemilu di tingkat nasional.

"Insyallah kalau Banyuwangi bisa rebut kembali kemenangan (seperti Pemilu 1999), kita bisa juga rebut tingkat nasional. Karena itu 'Mari Bung Rebut Kembali'," katanya.

Peluang untuk menjadi juara dua pun disebut Cak Imin sudah sangat kelihatan dan sangat mungkin bisa diraih PKB. Karena itu, Gus Muhaimin memohon doa dan dukungan para kiai, ulama, dan santri serta kerja keras seluruh kader PKB agar peluang tersebut dapat diwujudkan.

"Pokoknya Pemilu 2024 PKB Banyuwangi menang, insyaallah nasional juga akan menang. Karena itu kita punya tanggungjawab untuk bisa membuktikan efektivitas perjuangan politik PKB di dalam mewarnai kehidupan keumatan, kebangsaan, dan kenegaraan," pungkasnya.

Rekomendasi