Arifin Tasrif Jalani Isoman, Bahlil Lahadalia Ditunjuk Jadi Menteri ESDM Ad Interim

| 04 Feb 2022 14:34
Arifin Tasrif Jalani Isoman, Bahlil Lahadalia Ditunjuk Jadi Menteri ESDM Ad Interim
Bahlil Lahadalia (Dok. Antara)

ERA.id - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia ditunjuk sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ad interim.

Staf Khusus Menteri Investasi Tina Talisa dalam keterangan di Jakarta, Jumat, mengatakan penunjukan Bahlil berdasarkan surat dari Menteri Sekretaris Negara tertanggal 3 Februari 2022.

"Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Investasi/Kepala BKPM Bapak Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ad interim," katanya dikutip dari Antara, Jumat (4/2/2021).

Bahlil Lahadalia sendiri telah menggelar rapat perdana bersama seluruh Eselon I di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Jumat (4/1) pagi ini.

Namun Tina tidak menjelaskan alasan penunjukan Bahlil menjadi Menteri ESDM ad interim. Ia juga memastikan Bahlil masih tetap memegang jabatan sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM.

"Pak Bahlil merangkap jabatan sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM dan Menteri ESDM ad interim atau sementara hanya untuk beberapa hari ke depan," katanya.

Adapun Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif saat ini sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) yang membuat rapat eselon satu di kantornya hari ini dipimpin oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

"Pak menteri dalam kondisi baik, sekarang sedang isoman. Insya Allah minggu depan sudah kembali bekerja. Mohon doanya," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Agung tak menjelaskan penyebab Menteri ESDM Arifin Tasrif harus menjalani isolasi mandiri. Namun, dia membenarkan bahwa Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjabat Menteri ESDM ad interim.

Rekomendasi