Ketua PA 212: Jangan Terpancing Provokasi yang Ingin Membenturkan TNI dengan Umat Islam!

| 23 Feb 2022 08:57
Ketua PA 212: Jangan Terpancing Provokasi yang Ingin Membenturkan TNI dengan Umat Islam!
Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif yang sering disapa USM mengajak tentara, ulama, dan masyarakat khususnya umat Islam, terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jangan sampai kita terpecah belah dan mau diadu domba. Mari kita junjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa ini. Ini harus terus dirawat secara bersama-sama,” ujar Slamet, Rabu (23/2/2022).

Slamet Maarif berpandangan, bahwa umat Islam tidak boleh terpancing emosi oleh hasutan dan provokasi oleh sekelompok orang yang ingin membenturkan TNI dengan Umat.

Ia melanjutkan, hubungan baik umat Islam dan tentara yang selama ini terbangun secara masif, tidak bisa dipecah oleh siapa pun dan kelompok mana pun.

“Sebab, hubungan umat Islam dan tentara sudah baik. Kami dan tentara sering bergandengan tangan kerja-kerja sosial membantu masyarakat, bahkan dalam acara 3 kali Reuni 212 pun TNI selalu membantu pengamanan bersama Polri,“ ucap dia menjelaskan.

Slamet Maarif memberikan contoh dengan cara menerangkan solidaritas umat Islam dan tentara yang dapat terlihat ketika ada bencana alam di sejumlah daerah.

“Di sana kami dan tentara melakukan berbagai kerja sosial bersama untuk membantu masyarakat,” katanya.

Ketua Rekat Indonesia Raya Eka Gumilar sebelumnya meminta ulama, umat Islam, dan tentara untuk terus bersatu padu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Bahkan, Eka mendorong agar digelar forum diskusi soal kebangsaan antara ulama dan TNI secara intens.

“Karena pertahanan yang kuat sebuah negara adalah bersatunya antara ulama dan umaro,” ujar Eka kepada wartawan, Jumat (4/2) lalu.

Rekomendasi