Jokowi Sebut Ritual Kendi Nusantara Bentuk dari Kebhinekaan dan Persatuan yang Kuat: Semoga Hidayah dan Barokah dari Allah Memberikan Kelancaran

| 14 Mar 2022 11:43
Jokowi Sebut Ritual Kendi Nusantara Bentuk dari Kebhinekaan dan Persatuan yang Kuat: Semoga Hidayah dan Barokah dari Allah Memberikan Kelancaran
Presiden Jokowi (tangkapan layar)

ERA.id - Presiden Joko Widodo bersama 34 gubernur dari seluruh Indonesia dan 15 tokoh adat dari Kalimantan Timur berkumpul di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur untuk melakukan proses Air dan Tanah pada Kamis (14/3/2022).

Jokowi mengatakan, kehadirannya di sana bersama para kepala daerah itu dalam rangka mewujudkan cita-cita besar yaitu membangun ibu kota negara baru bernama Nusantara.

"Pada hari ini, Senin 14 Maret 2022 kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita segera mulai yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menjelaskan, dalam prosesi Air dan Tanah ini, masing-masing gubernur telah menyerahkan air dan tanah yang dibawa dari daerahnya masing-masing untuk disatukan dalam Bejana Nusantara. Nantinya, air dan tanah dari 34 provinsi itu akan dituangkan di lokasi ibu kota baru.

Jokowi mengatakan,  penyatuan tanah dan air ini merupakan simbol dari bentuk kebhinekaan dan persatuan di Indonesia.

"Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat diantara kita dalam rangka membangun IKN Nusantara ini," kata Jokowi.

Setelah penuangan tanah dan air dilakukan, kini pembangunan IKN akan dilakukan. Diharapkan semua pihak mulai dari pemerintah pusat hingga TNI-Polri, serta pemerintah daerah, swasta dan masyarakat terus mendukung pembangunan IKN Nusantara.

Sehingga, tujuan pembangunan ibu kota ini bisa tercapai. "Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta, dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan IKN ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud," ungkapnya.

"Mudah-mudahan, kita berdoa semoga hidayah dan barokah dari Allah memberikan kemudahan dan kelancaran kita dalam membangun IKN Nusantara ini," imbuh Jokowi.

Setelah prosesi penyatuan tanah dan air itu, Presiden Jokowi bersama para gubernur melanjutkan acara dengan prosesi penenaman pohon. Setiap gubernur menanam pohon khas dari daerahnya masing-masing.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi hadir bersama sejumlah menteri seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri KLHK Siti Nurbaya, serta menteri lainnya dan didampingi Ibu Negara, Iriana.

Hadir juga di tengah acara tersebut Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe. Selain itu, tampak Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Rekomendasi