Momen Jokowi yang Sarungan Ejek Menteri PUPR Pakai Kemeja Saat Berkemah di IKN: Pak Basuki Malam-malam Masih Bekerja

| 15 Mar 2022 08:42
Momen Jokowi yang Sarungan Ejek Menteri PUPR Pakai Kemeja Saat Berkemah di IKN: Pak Basuki Malam-malam Masih Bekerja
Presiden Jokowi saat bermalam di Titik Nol IKN (BPMI Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju beserta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bermalam di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Mereka berkemah di tengah hutan.

Dari foto yang dibagikan oleh Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat, Jokowi nampak santai megenaikan sarung berwarna hijau dan jaket warna merah berlogo G20. Dia juga terlihat bercengkrama dengan sejumlah menterinya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga sempat meledek Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono lantaran masih mengenakan pakaian kerja. Sementara menteri lain seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung terlihat sudah berganti pakaian santai dan mengenakan sendal jepit.

"Pak Basuki malam-malam masih bekerja," kata Jokowi dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (15/3/2022).

Jokowi juga sempat menghampiri tenda Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang letaknya tak jauh dari tendanya. Keduanya melakukan perbincangan ringan.

Kepada Jokowi, Bambang mengaku suasana malam di IKN Nusantara sangat nyaman. Udaranya cukup sejuk dan dapat melihat pemandangan langit dengan jelas.

"Alhamdulillah udaranya sejuk kalau malam Bapak Presiden, cuaca juga cerah jadi terlihat bulan purnama dan bintangnya," kata Bambang.

Setelah melakukan perbincangan kurang lebih selama satu jam, Presiden kemudian kembali ke tendanya diikuti oleh Ketua MPR RI dan para menteri ke tendanya masing-masing.

Sebelumnya, pihak Istana memastkan bahwa keamanan Presiden Jokowi tetap menjadi prioritas. Nantinya Pangdam dan Kapolda Kalimantan Timur akan mendampingi kegiatan menginap di kawasan IKN tersebut.

Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan berbagai kesiapan sudah dilakukan. Bahkan, para peserta yang akan menginap bersama Presiden Jokowi di IKN akan lebih dulu di swab test untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Jadi protokol kesehatan tetap kita lakukan meskipun tempatnya ada di sekitaran hutan yang udara juga cukup tapi itu sudah menjadi protap bagi kami, siapapun yang merapat di sekitaran Pak Presiden harus melakukan protokol kesehatan," ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, keamanan di sekitar tenda pun sudah dipersiapkan. Misalnya seperti melakukan pengasapan untuk mencegah malaria, kemudian menaburkan garam untuk menghindari hewan melata. Lalu sudah dipersiapkan pula bisa antiular sebagau persiapan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Rekomendasi