Isu Reshuffle Kabinet Jelang Rabu Pon Besok, Menkominfo: Besok Ratas

| 22 Mar 2022 18:13
Isu Reshuffle Kabinet Jelang Rabu Pon Besok, Menkominfo: Besok Ratas
Presiden Joko Widodo saat memperkenalkan kabinet barunya (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo dikabarkan akan mereshuffle kabinetnya dalam waktu dekat. Isu ini semakin menguat menjelang tanggal 23 Maret 2022 yang bertepatan dengan hari Rabu Pon.

Menanggapi isu tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengaku bahwa besok Rabu (23/4) hanya ada agenda rapat terbatas (Ratas) bersama Presiden Jokowi.

"Besok saya ada undangan Ratas," kata Jhonny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Menurut Jhonny, Ratas besok akan membahas beberapa hal. Salah satunya yaitu evaluasi pelaksanaan MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB). Ratas juga akan dihadiri oleh menteri-menteri terkait.

Jhonny mengaku, tidak ada pembicaraan lainnya bersama Presiden Jokowi selain Ratas.

"Undangan ratasnya pasti masalah yang terkait lah. Salah satunya tentang penyelenggaraan MotoGP Mandalika itu, yang lain belum ada pembicaraannya," kata Jhonny.

Lebih lanjut, Jhonny menegaskan keputusan untuk melakukan reshuffle merupakan kewenangan Presiden Jokowi.

"Kalau hasil evaluasinya ada yang perlu diperbaiki atau dilengkapi atau bahkan diganti direposisi itu kewenangan presiden," katanya.

Sebelumnya, beredar kabar ada pertemuan antara Jokowi dengan Zulkifli dilakukan pada akhir awal Februari 2022. Dalam pertemuan itu, Jokowi menyinggung ingin merombak kabinet dan menyertakan PAN di dalam susunan menterinya.

Sekretaris Gerakan Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PKB Luqman Hakim mengaku juga mendengar kabar yang sama. Dia bahkan mengungkapkan bahwa PAN akan dapat jatah menteri dan wakil menteri.

"PAN dapet satu menteri plus satu wamen," kata Sekretaris Gerakan Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PKB Luqman Hakim kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).

Namun, Luqman belum mengetahui posisi kementerian apa yang akan diberikan kepada PAN. Dia juga mengaku mendapat kabar, reshuffle kabinet akan dilakukan pada akhir Maret 2022.

"Kalau kabar kabar warung kopi begitu, infonya akhir Maret ini," kata Luqman.

Adapun tanggal 23 Maret 2023 besok bertepatan dengan hari Rabu dengan pasaran Jawa, Pon. Biasanya, Presiden Jokowi kerap mengambil keputusan ataupu mengumumkan sesuatu yang penting setiap Rabu Pon.

Tags : jokowi reshufle
Rekomendasi