Siapkan Opsi Tutup Jalan Tol Jika Terjadi Kepadatan Saat Mudik, Polisi Minta Masyarakat Tak Marah dan Kecewa

| 07 Apr 2022 11:28
Siapkan Opsi Tutup Jalan Tol Jika Terjadi Kepadatan Saat Mudik, Polisi Minta Masyarakat Tak Marah dan Kecewa
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengaku pihaknya telah menyiapkan sejumlah antisipasi untuk menghadapi mudik Lebaran tahun ini. Salah satunya dengan menutup jalan bebas hambatan atau tol jika terjadi kepadatan lalu lintas.

Firman mengatakan, penutupan jalur tol akan dilakukan apabila arus lalu lintas padat saat mudik Lebaran.

Namun, pihaknya sudah menyiapkan reyakasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan ke luar jalur tol atau pemudik diminta mencari jalan alternatif lain.

"Penutupan jalur tol, kalau memang sangat terpaksa dan khususnya apabila jalur sudah terlalu penuh," kata Irjen Firman saat rapat kerja bersama Komisi V DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Firman mengimbau kepada masyarakat tidak marah atau pun kecewa jika nantinya jika arus lalu lintas di jalan tol dialihkan ke jalan alternatif lain.

"Lalu kita akan megalihkan arus ke luar tol ini juga akan kita sampaikan ke masyarakat apabila nanti kita mengambil cara bertindak ini setidaknya masyarkat dalam kutip tidak kecewa atau marah," kata Firman.

Menurut Firman, kepadatan lalu lintas bisa terjadi karena beberapa hal. Diantaranya yaitu ada kendaran yang mogok atau penuhnya rest area sehingga arus lalu lintas terhenti.

Selain menutup jalan tol, Korlantas Polri juga akan menerapkan buka tutup gerbang tol, kontraflow dan memberlakukan one way atau satu arah di jalan tol.

"Buka tutup gerbang Tol kita akan berlakukan juga. Kemudian kontraflow akan nanti kita akan sampaikan detil kepada bapak, bahwa berdasarkan data yang kita terima bahwa penambahan jumlah kendaraan mengharuskan kapasitas jalan pak," kata Firman.

"Kemudian one way, kalau memang sangat terpaksa pak ini juga harus kita persiapkan, jadi seluruh nya kendaraan mengarah ke timur akan kita berikan akses seluas-seluasnya dengan konsekuensi yg akan masuk ke jalan Tol pada jalur B kita batasi," pungkasnya.

Rekomendasi