Densus 88 Ungkap Ada 1.125 Orang Anggota Teroris NII di Sumbar, Polisi: Kebanyakan Nonaktif

| 18 Apr 2022 17:54
Densus 88 Ungkap Ada 1.125 Orang Anggota Teroris NII di Sumbar, Polisi: Kebanyakan Nonaktif
Dok. Antara

ERA.id - Tim Densus 88 Antiteror Polri memastikan teroris kelompok Negara Islam Indonesia (NII) di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) mempunyai jumlah anggota sebanyak 1.125 orang.

Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol Aswin Siregar menerangkan jumlah itu diketahui dari pernyataan 16 tersangka teroris dari kelompok NII yang dibekuk polisi di Sumbar, beberapa waktu yang lalu.

"Khusus di Sumatra Barat, para tersangka yang sudah ditangkap memberikan keterangan bahwa struktur NII mereka berada pada tingkatan cabang/kecamatan/ CV (istilah NII) IV/Padang dengan anggota mencapai 1.125 anggota," ungkap Aswin dalam siaran persnya, Senin (18/4/2022).

Berdasarkan jumlah tersebut, 400 orang antara lain anggota yang bersifat aktif. Sedangkan, sisanya non-aktif namun sudah dibaiat atau sumpah setia dengan kelompok tersebut.

"Selebihnya non-aktif, tapi sudah berbai’at namun belum aktif dilibatkan dalam kegiatan NII- yang sewaktu-waktu bisa diaktifkan bila diperlukan," sambungnya.

Lebih jauh Aswin mengungkapkan, NII Cabang IV/Padang terbagi dalam lima ranting/UD yang masing- masing beranggotakan sekitar 200 orang.

Dari jumlah total di Sumatra Barat, 833 orang tersebar di Kabupaten Dharmasraya dan 292 orang berada di Kabupaten Tanah Datar.

Rekomendasi