Pesan Penting Kemenhub untuk Masyarakat Jelang Arus Balik, Mohon Dicatat!

| 04 May 2022 13:59
Pesan Penting Kemenhub untuk Masyarakat Jelang Arus Balik, Mohon Dicatat!
Ilustrasi kemacetan jalanan (Antara)

ERA.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarkat, terlebih pemudik, yang ingin kembali ke perantauan, sekiranya menghindari kemacetan saat arus balik yang puncaknya diprediksi pada Jumat (6/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022).

Budi meminta pemudik tidak berhenti di bahu jalan dan memaksakan diri menggunakan rest area yang sudah penuh. Menurut Budi, hal ini untuk keselamatan diri sendiri dan juga menghindari terjadinya kemacetan.

"Jangan memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh, dan jangan berhenti di bahu jalan. Karena selain membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, juga dapat menyebabkan kemacetan," kata Budi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (4/5/2022).

Pemudik yang kelelahan dalam perjalanan, disarankan untuk keluar dari jalur tol di kota terdekat. Budi mengatakan, di sana masyarakat bisa istirahat di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah daerah, kepolisian, maupun unsur lainnya.

"Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Di sini lebih aman dan leluasa," kata Budi.

"Mulai dari kantor kecamatan, kelurahan, kantor polisi, dan tempat-tempat lainnya sudah disiapkan sebagai tempat istirahat sementara," imbuhnya.

Selain itu, pemudik juga diharapkan dapat terus memperbarui informasi lalu lintas yang berlangsung. Budi bilang, hal ini bisa dilakukan dengan mengakses media sosial resmi milik operator jalan tol maupun pihak kepolisian.

"Kami juga mengimbau untuk mengemudi dengan baik, tidak menyerobot jalur dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Pastikan prokes juga tetap dilaksanakan dengan baik," kata Budi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada 6-8 Mei 2022.

Untuk menghindari kemacetan, Jokowi mengimbau masyarakat yang hendak kembali ke perantauan dari kampung halaman masing-masing bisa melakukan perjalanan lebih awal sebelum puncak arus balik.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak bapak ibu saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal," kata Jokowi dalam keterangan video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (2/5).

Selain itu, Jokowi juga menyarankan agar masyarakat bisa kembali ke perantuan setelah puncak arus mudik. Namun, hal ini tentunya harus sesuai dengan kesepakatan dengan tempat kerja masing-masing.

"Atau kembali setelah puncak arus balik, tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," kata Jokowi.

Rekomendasi