H+2 Lebaran Jumlah Kendaraan ke Kawasan Puncak Capai 40 Ribu, Polisi Sempat Tutup Arus dari Jakarta

| 04 May 2022 17:27
H+2 Lebaran Jumlah Kendaraan ke Kawasan Puncak Capai 40 Ribu, Polisi Sempat Tutup Arus dari Jakarta
Ilustrasi kawasan puncak (Antara)

ERA.id - Kunjungan wisatawan ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor meningkat signifikan. Dari keterangan Polres Bogor, pada H+2 libur lebaran ini kendaraan yang masuk mencapai 40 ribu kendaraan.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin mengatakan, jumlah tersebut meningkat cukup tinggi. Selasa (3/5/22) pada pukul 13.00 WIB, kendaraan yang masuk sekitar 21 ribu.

"Untuk hari ini jumlahnya meningkat hingga pukul 13.00 WIB jumlahnya sudah mencapai 40 ribu atau meningkat dua kali lipat," kata  Iman di Pos Pol Gadog, Rabu (4/5/22).

Untuk mengantisipasi kemacetan yang cukup parah di kawasan puncak dan karena kondisi arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak cukup lengang, akhirnya pihak kepolisian pun memberlakukan sistem one way untuk kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta.

"Pukul 13:15 wib, mulai diberlakukan one way arus kendaran dari arah puncak menuju Jakarta, dan menutup arus dari arah Jakata menuju Puncak, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di atas," jelas Iman.

Dia mengatakan untuk durasi atau lamanya waktu pemberlakuan one way, pihaknya melakukan secara situasional.

Sementara, Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Pranata mengungkapkan jika peningkatan kendaraan di kawasan wisata Puncak didominasi oleh roda dua.

Dicky mengaku jika pihaknya memberikan alternatif jalan bagi wisatawan dengan memasang rambu-rambu lalu lintas dan penunjuk arah di jalur alternatif agar para wisatawan tidak salah jalan.

“Satlantas Polres Bogor juga sudah memberikan petunjuk bagi wisatawan yang ingin menggunakan jalur alternatif untuk mencapai tujuan seperti ke Taman Safari Indonesia serta vila-vila yang dituju,” bebernya.

"Kami imbau masyarakat untuk menaati peraturan agar tidak terjadi kemacetan yang parah," imbuhnya.

Tags : puncak kendaraan
Rekomendasi