Jokowi Kunjungi Cagar Budaya di Gianyar Bali, Warga: Ini Rezeki Banget Ketemu Bapak Presiden

| 06 May 2022 18:38
Jokowi Kunjungi Cagar Budaya di Gianyar Bali, Warga: Ini Rezeki Banget Ketemu Bapak Presiden
Presiden Jokowi (Dok BPMI Sekretariat Presiden)

ERA.id -  Presiden Joko Widodo mengunjungi cagar budaya Pura Tirta Empul, Kabupaten Gianyar, Bali. Pura tersebut terletak di sebelah timur Istana Kepresidenan Tampaksiring.

Saat berkunjung ke Pura Tirta Empul yang terkenal memiliki sumber mata air jernih dan kerap digunakan sebagai tempat upacara keagamaan dan juga wisata, Jokowi mengagumi kebersihan lokasi tersebut.

"Saya kira ini sebuah pura yang terpelihara yang bersih, dan juga wisatawan sekarang mulai banyak datang," kata Jokowi dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (6/5/2022).

Jokowi berpesan agar seluruh pihak, baik pemerintah daerah maupun masyarakat, untuk bersama-sama memelihara salah satu aset negara ini. Apalagi Pura Tirta Empul termasuk dalam lanskap subak dan pura daerah aliran sungai (DAS) Pakerisan dan telah ditetapkan dalam daftar warisan dunia.

"Saya titip pesan, tetap jaga protokol kesehatan, jaga kebersihan karena ini adalah aset negara, aset rakyat, aset masyarakat adat yang memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di desa adat ini dan juga pada pemerintah daerah, ada income di sana," kata Jokowi.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi juga sempat membagikan kaos kepada warga serta pengunjung di Pura Tirta Empul.

"Kita bisa melihat pariwisata yang indah ini, dan kebetulan juga pak presiden kita yang sangat ramah ini, dan tuhan mengizinkan masyarakat menyaksikan presiden yang rendah hati dan sederhana ini," jelas salah seorang pengunjung.

"Kita lagi tur, Ini rejeki banget ketemu bapak presiden," tambah pengunjung lainnya.

Sementara Bendesa adat Pura Tirta Empul, Made Mawiarnata menambahkan bahwa saat ini wisatawan sudah mulai kembali berdatangan. Dia mengatakan, wisatawan di Pura Tirta Empul sempat mengalami penurunan saat awal-awal pandemi Covid-19.

Wisatawan sudah mulai berdatangan terutama dari wisatawan domestik. Dari mancanegara sudah ada, namun hanya beberapa. Berkat peluang yang telah diberikan oleh pemerintah kita, ini sangat mendukung,” ucap Made.

Lebih lanjut, Made mengajak seluruh masyarakat untuk memperkenalkan kembali cagar budaya Pura Tirta Empul secara luas guna menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

“Marilah kita sama-sama ulurkan tangan, memasarkan Pura Tirta Empul kembali untuk mendapatkan kunjungan yang lebih banyak sekali,” kata Made.

Rekomendasi