Sah! Ma'ruf Amin Ambil Alih Tugas Harian Jokowi untuk Sementara

Tim Editor

Wapres Ma'ruf Amin dalam mobil (Antara)

ERA.id - Selama berada di Amerika Serikat hingga akhir pekan nanti, Presiden Joko Widodo melimpahkan tugas hariannya kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Pelimpahan tugas harian sementara itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 6 Tahun 2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden.

"Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentian pertaturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Amerika Serikat pada tanggal 10 sampai dengan 16 Mei 2022 atau sampai dengan tanggal tiba kembali ke tanah air," bunyi Kepres poin ke satu yang dikutip pada Rabu (11/5/2022).


Namun, apabila selama Jokowi berada di Amerika Serikat dan ada suatu kebijakan yang mendesak untuk segera ditetapkan, maka Ma'ruf Amin harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan Jokowi sebelum mengambil keputusan.

Ketentuan itu tertuang dalam poin kedua Kepres Nomor 6 Tahun 2022.

"Setelah Presiden berada kembali di tanah air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada presiden," bunyi poin ketiga.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana bertolak menuju Washington DC, Amerika Serikat pada Selasa pagi, 10 Mei 2022. Jokowi akan melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja pada 11-13 Mei 2022.

"Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022," ujar Jokowi dikutip dari keterangan tertulis.

Bersama pemimpin ASEAN lainnya, Jokowi akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari.

Rangkaian pertemuan yang akan dihadiri Jokowi antara lain yaitu pertemuan dengan anggota Kongres, para CEOs besar Amerika, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika, dan pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Biden.

Jokowi dan delegasi direncanakan akan kembali ke Jakarta segera setelah rangkaian pertemuan selesai pada tanggal 13 Mei malam. Jokowi dijadwalkan tiba di Tanah Air pada hari Minggu pagi, 15 Mei 2022.

Tag: jokowi maruf amin wakil presiden amerika serikat

Bagikan: