Tak Disambut Pejabat AS saat Tiba di DC, Natalius Pigai: Jokowi Seperti Menteri yang Lagi Wisata

| 12 May 2022 14:12
Tak Disambut Pejabat AS saat Tiba di DC, Natalius Pigai: Jokowi Seperti Menteri yang Lagi Wisata
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo saat tiba di Washington DC (BPMI Sekretariat Presiden)

ERA.id - Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai angkat bicara terkait dengan tidak adanya sambutan dari pejabat tinggi Amerika Serikat saat kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo di Washington DC, Amerika Serikat pada Selasa (10/5/2022) lalu.

Menurut Natalius Pigai, Jokowi layaknya menteri yang tengah berwisata ke AS lantaran tidak ada sambutan dari pejabat setempat.

Dia mengatakan itulah potret Indonesia di mata dunia saat ini karena mendukung Rusia.

"Itu potret kita di mata dunia saat ini karena dukung Rusia. Datang seperti seorang menteri yg berwisata. @jokowi," jelas Natalius Pigai dikutip dari akun Twitternya pada Kamis (12/5/2022).

Sebelumnya,  Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (10/5/2022).

Setelah menempuh kurang lebih 24 jam penerbangan dari Jakarta dengan transit di Amsterdam, Belanda, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 mendarat di bandara milik militer Amerika Serikat tersebut.

Kedatangan Jokowi itu hanya disambut Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani

Setibanya di hotel tempatnya menginap, tampak menyambut Presiden dan Ibu Iriana, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang telah tiba lebih awal.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Rekomendasi