Bagus Mana, Gerindra Berkoalisi dengan NasDem atau PDIP?

| 02 Jun 2022 12:17
Bagus Mana, Gerindra Berkoalisi dengan NasDem atau PDIP?
Pertemuan antara Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh (Dok. NasDem)

ERA.id - Pertemuan antara Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh, dianggap penjajakan membangun poros politik menjelang Pilpres 2024.

"Saya kira, silaturahmi Prabowo ke NasDem untuk membangun poros politik dalam Pilpres 2024. Silaturahmi ini setidaknya untuk saling memahami visi dan power sharing kekuasaan jika mereka gabung dalam satu poros politik," kata pengamat politik dari IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul, Rabu (1/6/2022) kemarin.

Salah satu yang melandasi pertemuan tersebut, kata Arif, bisa jadi karena kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan cukup bersinar hingga membuat Surya Paloh kepincut.

"Kinerja Menhan Prabowo relatif bagus, sehingga boleh jadi menjadi daya tarik NasDem untuk berkoalisi; selain memang elektabilitas Prabowo juga tinggi," tambahnya.

Terkait cocok atau tidaknya poros koalisi yang akan dibentuk NasDem-Gerindra, menurutnya ada sedikitnya tiga indikator.

"Saya kira cocok atau tidak bergantung visi, probabilitas kemenangan, dan power sharing. Dilihat dari tiga indikator ini, mereka bisa kerja sama membangun poros politik," tukasnya.

Menurut dia, jika NasDem dan Gerindra mengusung Prabowo bersama tokoh calon wakil presiden (cawapres) dengan basis massa kuat, maka potensi kemenangan masih terbuka bagi poros koalisi tersebut.

Prediksi kemungkinan Partai NasDem masuk dalam poros koalisi dengan Partai Gerindra, katanya, berpotensi sama dengan wacana koalisi Partai Gerindra dengan PDI Perjuangan yang selama ini diperbincangkan.

"Jika Gerindra dan PDI Perjuangan berkoalisi, maka dalam politik tentu masih sangat mungkin, meski saat ini disinyalir ada perang dingin antara NasDem dan PDI Perjuangan. Mereka tentu akan melakukan power sharing," jelasnya.

Rabu siang, Prabowo Subianto menghadiri undangan makan siang dari Surya Paloh yang bertempat di Gedung NasDem Tower, Jakarta Pusat.

Prabowo mengatakan dalam pertemuan itu tidak ada agenda khusus yang dibahas. Ia mengaku hanya diundang makan siang bersama Surya Paloh sebagai kawan lama. "Tidak ada agenda khusus. Saya diundang kawan saya, ya saya datang, makan siang," kata Prabowo.

Rekomendasi