Tak Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende Bersama Jokowi, Megawati: Bagi Tugas

| 02 Jun 2022 16:05
Tak Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende Bersama Jokowi, Megawati: Bagi Tugas
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Seokarnoputri (Antara)

ERA.id - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri buka suara soal ketidakhadirannya saat upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (1/6/2022).

Megawati mengaku sudah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo untuk tidak menghadiri upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende.

"Saya pamit. Ini saya anggap penting lho. Saya ditanya kenapa Ibu Mega tidak muncul (saat upacara Hari Lahir Pancasila) sebagai ketua dewan pengarah BPIP," kata Megawati dikutip dari kanal YouTube Untirta Official, Kamis (2/6/2022).

Menurut Megawati, dirinya sudah berbagi tugas dengan pengurus BPIP lainnya untuk mewakili lembaga tersebut dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila.

"Ya saya bilang, karena bagi tugas. Di sana ada pengurus BPIP," kata Megawati.

Lagipula, Megawati juga harus menjadi pembicara kunci dalam Seminar Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB).

Menurutnya, acara itu sama pentingnya, sebab dihadiri para rektor yang diharapkan bisa membumikan Pancasila lewat kurikulum di perguruan tinggi.

"Saya merasa akan ketemu para rektor yang akan mengintrodusir. Karena kan, rektor kan yang memutuskan kurikulumnya harus begini, harus begini," kata Megawati.

"Jadi bagaimana bapak-bapak rektor supaya ini dapat menjadi sebuah kurikulum yang mau tidak mau harus diutarakan supaya anak didik kita tahu bangsa ini terbentuk karena adanya Pancasila, itu perekat bangsa," imbuhnya.

Sebelumnya, upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022). Ini merupakan kali pertama upacara dipusatkan di luar Jakarta.

Adapun Presiden Joko Widodo berindak sebagai inspektur upacara.

Berdasarkan pantaun dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, terlihat sejumlah tokoh hadir langsung di Lapangan Pancasila Ende. Diantaranya yaitu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus, Menko PMK Muhadjir Effendy, Mensos Tri Rismaharini, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit.

Sementara hadir secara virtual yaitu Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta Wakil Ketua Dewan Pengarah Try Sutrisno.

Namun, tidak terlihat satu pun trah Soekarno mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Presiden RI kelima yang juga putri Soekarno, Megawati Soekarnoputri tidak terlihat hadir langsung maupun virtual.

Demikian juga dengan Ketua DPR RI yang juga cucu Soekarno, Puan Maharani terlihat absen secara langsung dan virtual. Adapun Puan saat ini memang berada di luar negeri untuk urusan parlemen.

Sebelumnya, Megawati tidak pernah absen mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Meskipun di tengah masa pandemi Covid-19, Ketua Dewan Pengarah BPIP itu tetap mengikuti upacara secara virtual.

Rekomendasi