Cuaca Panas Arab Saudi, Menteri Agama Yaqut Cholil: Minum Banyak Air Putih dan Mengonsumsi Suplemen Vitamin

| 04 Jun 2022 15:35
Cuaca Panas Arab Saudi, Menteri Agama Yaqut Cholil: Minum Banyak Air Putih dan Mengonsumsi Suplemen Vitamin
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (memakai rompi hijau di tengah) melepas jamaah calon haji kloter pertama dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (ANTARA)

ERA.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada jemaah agar memperhatikan kegiatan di Tanah Suci. Sebab, saat ini suhu di Arab Saudi mencapai 45 derajat Celsius.

"Hanya lakukan kegiatan ibadah, dan kegiatan di luar ibadah seperlunya. Saya berharap ini benar-benar diperhatikan Bapak, Ibu sekalian, agar selama pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar, dan (bisa) melaksanakan semua syarat dan rukun haji," kata Yoqut saat melepas kelompok terbang pertama jemaah calon haji dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Sabtu.

Menteri Agama menekankan pentingnya anggota jemaah menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, antara lain dengan minum banyak air putih dan mengonsumsi suplemen vitamin, agar bisa menunaikan ibadah dengan baik di tengah cuaca panas Arab Saudi.

"Jangan segan-segan bertanya kepada petugas bila mengalami kendala, karena Kementerian Agama sudah menugaskan banyak sekali petugas di sana untuk membantu Bapak, Ibu sekalian," katanya seperti dikutip dari Antara di hadapan 393 calon haji asal DKI Jakarta.

Ia mengatakan bahwa ada petugas kelompok terbang dan anggota Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang siap membantu dan melayani jemaah selama menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Dalam setiap kelompok terbang (kloter) jemaah calon haji ada empat orang yang ditugaskan mendampingi jemaah, yang terdiri atas satu anggota Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu anggota Tim Pembimbing Ibadah haji Indonesia (TPIHI), dan dua anggota Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Menteri Agama juga mengingatkan jemaah agar meluruskan niat ke Tanah Suci untuk beribadah, melaksanakan rukun Islam yang kelima.

"Menyempurnakan keislaman kita. Niat kita ke Tanah Suci ini ibadah. Tidak ada yang lain-lain," katanya.

"Terakhir, mari bersama-sama berdoa agar ibadah haji kita diterima oleh Allah SWT, sepulangnya kita dari ibadah haji ini dapat menjadi haji dan hajjah mabrur-mabrurah," ia menambahkan.

Sebanyak 2.776 orang calon haji yang tergabung dalam tujuh kloter jemaah dari lima daerah embarkasi diberangkatkan dari Indonesia ke Kota Madinah pada Sabtu.

Jemaah kloter SOC 01 dari Embarkasi Solo yang terdiri atas 360 orang diberangkatkan pukul 00.30 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 09.25 waktu Arab Saudi (WAS).

Jemaah kloter JKG 01 dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede yang meliputi 393 orang diberangkatkan pukul  06.05 WIB dan dijadwalkan tiba pukul 11.30 WAS di Madinah.

Jemaah kloter JKS 01 dari Embarkasi Jakarta-Bekasi yang terdiri atas 410 orang diterbangkan pukul 07.25 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 12.45 WAS.

Jemaah kloter SOC 02 dari Embarkasi Solo yang mencakup 360 orang diterbangkan pukul 05.35 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 14.30 WAS.

Jemaah kloter JKS 02 dari Embarkasi Jakarta-Bekasi yang meliputi 410 orang diterbangkan pukul 08.40 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 14.00 WAS.

Jemaah kloter SUB 01 dari Embarkasi Surabaya yang terdiri atas 450 orang diberangkatkan pukul 08.30 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 15.55 WAS.

Jemaah kloter PDG 01 dari Embarkasi Padang yang terdiri atas 393 orang diterbangkan pukul 13.50 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 18.10 WAS.

Rekomendasi