Survei CSIS Ungkap 51 Persen Ahli Tak Puas Kinerja Pemprov DKI, Wagub Riza: Serahkan ke Masyarakat, Kami Tak Bisa Bohongi Diri Sendiri

| 08 Jun 2022 09:05
Survei CSIS Ungkap 51 Persen Ahli Tak Puas Kinerja Pemprov DKI, Wagub Riza: Serahkan ke Masyarakat, Kami Tak Bisa Bohongi Diri Sendiri
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Antara)

ERA.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyerahkan penilaian kinerja bersama Gubernur DKI Anies Baswedan kepada publik sehubungan hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang menyebutkan 51,8 persen ahli tidak puas.

"Kami serahkan ke masyarakat untuk menilai apakah kinerja kami baik atau tidak, puas atau tidak, kami tidak bisa membohongi diri kami sendiri," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa (7/6/2022) dikutip dari Antara.

Ia mengungkapkan, pihaknya bersama jajaran di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berupaya sebaik mungkin untuk warga di Jakarta.

Meski begitu, pihaknya mempersilakan masyarakat termasuk lembaga survei untuk berpendapat termasuk melakukan survei kinerja Anies-Riza.

"Itu (survei) silakan saja. Masyarakat itu punya pendapat masing-masing, mau bilang bagus, tidak bagus, puas-tidak puas, itu hak warga, bagi kami pemprov dan seluruh jajaran berbuat sebaik mungkin untuk warga Jakarta," katanya.

Di sisi lain, kata Riza, hasil survei juga tergantung siapa lembaga yang melaksanakan survei itu.

Ia berharap lembaga independen melakukan survei dengan terbuka termasuk mendatangi langsung warga DKI.

"Survei itu tergantung siapa yang melaksanakan surveinya, kalau mau 'fair', tunjuk beberapa lembaga independen lakukan survei yang 'fair' dan kami dengar apa komentar warga, langsung saja datangi warga, 'on the spot', lebih baik," ucapnya.

Sebelumnya, CSIS dalam rilis hasil survei mengungkapkan sebagian besar ahli tidak puas kinerja Pemprov DKI di bawah Anies dan Riza.

Dalam laporan survei bertajuk "Pemindahan Ibu Kota Negara: Prospek Kepemimpinan Jakarta dan Implikasi Sosial, Politik dan Ekonomi ke Depan" menyebutkan sebanyak 51,8 persen ahli tidak puas kinerja Anies-Riza.

Peneliti CSIS Noory Okthariza dalam webinar di Jakarta, Senin (6/6) memaparkan para ahli terbelah dalam menilai kinerja Anies-Riza karena ada 47,6 persen ahli yang puas dengan kinerja keduanya.

Rekomendasi