Luhut Panjaitan Tunda Kenaikan Kenaikan Harga Tiket Borobudur, Ditjen Kebudayaan: Kewenangan BUMN

| 08 Jun 2022 11:27
Luhut Panjaitan Tunda Kenaikan Kenaikan Harga Tiket Borobudur, Ditjen Kebudayaan: Kewenangan BUMN
Candi Borobudur (Unsplash/Mario La Pergola)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sepakat menunda pemberlakuan kenaikan harga tiket Candi Borobudur.

Kesepakatan dicapai usai keduanya bertemu di kediaman Rumah Dinas Gubernur Jateng, Semarangpada Selasa (7/6) kemarin.

"Kami postpone dulu. Tadi Pak Menteri (Luhut Binsar Panjaitan) sudah menyampaikan, 'Pak Gub itu kita postpone dulu, biar tidak terjadi cerita yang ke mana-mana'," kata Ganjar seperti dikutip dari Antara, Selasa (7/6).

Menanggapi pemberitaan tentang harga tiket untuk masuk ke kawasan Candi Borobudur, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menyampaikan bahwa pihaknya tidak pernah memberikan usulan mengenai nominal harga tiket karena bukan merupakan tugas atau kewenangan Kemdikbudristek.

“Penetapan harga tiket itu merupakan kewenangan BUMN, dalam hal ini PT Taman Wisata Candi Borobudur,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Era.id.

Pengumuman mengenai harga tiket disampaikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi seusai rapat pada 4 Juni 2022 di Borobudur.

“Kemdikbudristek diwakili oleh Direktur Pelindungan Kebudayaan dan Kepala Balai Konservasi Borobudur. Tapi kami tidak memberikan usulan harga tiket dalam kesempatan itu,” jelas Hilmar.

Rekomendasi