Hasil Survei SMRC: Ganjar Unggul Dibandingkan Prabowo dan Anies yang Jadi Lawan Terkuatnya

| 09 Jun 2022 17:12
Hasil Survei SMRC: Ganjar Unggul Dibandingkan Prabowo dan Anies yang Jadi Lawan Terkuatnya
Ganjar Pranowo (Dok Antara)

ERA.id - Saiful Mujani Research & Consulting merilis hasil survei terkait elektabilitas tokoh yang berpotensi menjadi calon presiden pada Pilpres 2024. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam semua simulasi.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyampaikan elektabilitas Ganjar sebesar 14,3% dalam simulasi top of mind.  Kemudian disusul oleh Prabowo Subianto sebesar 13,4%.

"Bila pemilihan presiden diadakan waktu survei, Ganjar Pranowo unggul signifikan atas lawan-lawannya, termasuk lawannya yang paling kuat, Prabowo dan Anies," ujar Deni dalam keterangan resmi.

Deni melanjutkan, tokoh yang berada di peringkat ketiga dan keempat ditempati oleh Joko Widodo dan Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 8,2%.

Dalam format pertanyaan semi terbuka 42 nama, Deni berkata Ganjar kembali mendapat mendapat dukungan terbanyak dengan 22,5%.

"Disusul Prabowo 17,5%, Anies Baswedan 13,2%," ujarnya.

Sedangkan dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 3 nama, Ganjar juga menjadi jawara karena mendapat dukungan terbanyak 30,3%, disusul Prabowo 27,3%, dan Anies 22,6%.

Dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 2 nama, Ganjar Pranowo mendapat dukungan terbanyak 39,9%, unggul atas Anies Baswedan 34,5%.

"Dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 2 nama, Prabowo mendapat dukungan terbanyak 37,8%, unggul atas Anies Baswedan 32,9%," ujar Deni.

Terakhir, dalam simulasi pilihan tertutup terhadap 2 nama, Ganjar Pranowo mendapat dukungan terbanyak 38,4%, sementara Prabowo Subianto 36,6%.

Rekomendasi