Mendag Zulhas Ditegur Usai Buat Pedagang Pasar Menangis: Berangkatin Umrah, MLM Sudah Biasa

| 17 Jun 2022 09:51
Mendag Zulhas Ditegur Usai Buat Pedagang Pasar Menangis: Berangkatin Umrah, MLM Sudah Biasa
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas saat mendatangi pedagang sembako di Pasar Cibubur, Jakarta Timur.

ERA.id - Baru sehari usai dilantik menjadi Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan atau Zulhas langsung terjung ke Pasar Cibubur di Jakarta Timur. Di sana, ia memantau harga dan mendengar langsung soal stok pangan serta keluh kesah para pedagang dan pembeli.

"Sebelum rapat-rapat, justru (kunjungan ke pasar) ini yang penting. Saya dengarkan langsung tadi keluhan pedagang dan masyarakat pembeli. Harga-harga barang kebutuhan pokok harus segera kita kendalikan dan cari solusinya. Kasihan rakyat," ujar Zulhas, Kamis (16/6/2022) kemarin.

Kata Zulhas, Kementerian Perdagangan harus menjadi regulator yang adil. Dengan prinsip keadilan, persoalan-persoalan bisa diurai. Prinsip keadilan, tegas Mendag Zulhas, harus dikedepankan. Orientasinya untuk kesejahteraan rakyat.

"Kita mulai dari sini. Saya ingin pedagang dan pembeli bahagia. Adil, saling memberikan kebaikan satu sama lain. Itu berkah namanya," ujar Zulhas.

Soal minyak goreng, Zulhas memaparkan pihaknya segera mengambil kebijakan agar harga minyak goreng curah dapat dikemas sederhana dan terkendali di harga Rp14.000 per liter.

Selain mengecek harga di Pasar Cibubur, Zulhas juga menyerap aspirasi pedagang daging dan telur bernama Eti yang mengeluh naiknya harga sembako. "Dari sananya sudah mahal, terpaksa kita ambil untung hanya sedikit. Kalau mahal, gak ada yang mau beli. Semua jadi susah. Bukan hanya pembeli, pedagang juga bingung soal harga ini, Pak," katanya.

Dalam kesempatan itu pula, Zulhas membuat suami-istri bernama Warman dan Eli Nurliah, yang menjadi pedagang sembako, menangis haru karena dijanji akan diberangkatkan umrah. "Kami sangat bersyukur. Terima kasih kepada Pak Menteri yang sudah memperhatikan para pedagang," tutur Eli Nurliah.

Zulhas pun langsung viral. Tak lama ia ditegur oleh netizen Twitter dengan nama akun @Smsl_alghozali. "Kalau hanya berangkatin orang umroh saja perusahaan2 MLM sdh biasa melakukan hal itu. Mentri itu jabatan politik. Tugasmu sebagai regulator adalah mengatur agar permainan di pasar tidak dikendalikan oleh operator. Yungalah mumet ndasku," tandasnya.

Rekomendasi