Peluang Koalisi dengan PDIP di Pemilu 2024, Gerindra: Mengalir Aja Deh

Tim Editor

Sufmi Dasco (Dok. Instagram sufmi_dasco)

ERA.id - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, partainya terbuka dalam menjalin kerja sama dengan semua partai pada Pemilu 2024. Hal ini merespons menguatnya sinyal kerja sama politik antara Gerindra, PKB, dan PDIP.

Gerindra, kata Dasco, juga mengapresiasi niat baik dari sejumlah partai politik yang hendak merapat untuk memenangkan Pemilu mendatang.

"Ya pada dasarnya Partai Gerindra menerima dengan baik. Dari banyak partai atau beberapa partai yang kita juga mau bekerja sama dalam bersama-sama menghadapi Pemilu," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (22/6/2022).


Meski begitu, kata Dasco, hingga saat ini Partai Gerindra belum melakukan penjajakan dengan PDIP meskipun disebut peluang untuk bekerjasama mulai terbuka.

Partai Gerindra juga tak mau terburu-buru mencari rekan untuk digandeng pada Pemilu 2024. Dasco bilang, partainya memilih untuk mengikuti dinamika politik saat ini.

"Ya ini kita ikutin mengalir saja deh. Itu namanya juga dinamika masih akan terus, dinamika politik terus berjalan dan situasi menjelang Pemilu biasanya akan penuh dengan dinamika ya kita ikuti saja," kata Dasco.

Adapun Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebelumnya mengatakan, partainya tak menutup peluang untuk bekerjasama dengan Gerindra dan PKB.

"Ya, mungkin saja," kata Puan saat ditemui di sela-sela Rakernas kedua PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (21/6).

Ketua DPR RI itu mengatakan, sesuai dengan arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bahwa untuk membangun Indonesia memang tak bisa berjalan sendiri. Dibutuhkan kerja sama antarpartai politik untuk pembangunan Indonesia ke depan.

"Ibu Ketum tadi mengatakan membangun Indonesia tidak bisa sendirian, harus gotong royong," kata Puan.

Adapun Partai Gerindra dan PKB sudah mulai melakukan penjajakan. Bahkan kedua partai tersebut sepakat untuk bekerja sama pada Pemilu 2024.

Tag: pdip gerindra Sufmi Dasco Ahmad pilpres2024 koalisi

Bagikan: