Cerita Menseskab Tentang Perjalanan Jokowi ke Ukraina: Tempuh Perjalanan 12 Jam Pakai Kereta Api

| 28 Jun 2022 19:19
Jokowi dan Pramono (Foto: Instagram/ pramonoanungw)

ERA.id - Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung menyebut Presiden Joko Widodo menempuh perjalanan dari Polandia ke Ukraina selama 12 jam dengan menggunakan kereta api. Kunjungan Jokowi ke Ukraina dalam rangka misi perdamaian.

Kisah perjalanan Jokowi ke Ukraina itu dibagikan Pramono melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @pramonoanungw.

"Bismillah Presiden @jokowi dalam perjalanan ke Polandia dengan pesawat dan setelah itu langsung ke Ukraina dengan menggunakan kereta api selama 12 jam," tulis Pramono yang dikutip pada Selasa (28/6/2022).

Pramono mengatakan, dalam perjalanan ini, Jokowi bakal menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Jokowi membawa misi perdamaian atas dua negar yang tengah bersitegang.

"Presiden @jokowi akan bertemu dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin untuk menjalankan misi perdamaian," kata Pramono.

Jokowi, kata Pramono, kerap memeriksa dengan cermat setiap kegiatan selama kunjungannya ke luar negeri, termasuk ke Ukraina dan Rusia. Perjalanan ini diikuti dengan rombongan terbatas.

"Presiden @jokowi selalu mengecek setiap kegiatan dengan detail, termasuk perjalanan ke Ukraina dan Rusia, dalam rombongan yang sangat terbatas."

Diketahui,Presiden Joko Widodo akan bertolak ke Ukraina melalui Polandia, usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman yang telah berlangsung tiga hari, mulai tanggal 26-28 Juni 2022.

Jokowi direncanakan akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Ibu Kota Negara Kyiv.

"Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/6/2022).

Selepas berkunjung ke Ukraina, Jokowi akan menuju Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengusung misi perdamaian yang sama dan akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan menghentikan perang.

Rekomendasi