RI dan China Sepakat Minta Negara Berkembang Buka Suara Desak Rusia-Ukraina Hentikan Perang

Tim Editor

Menlu China Wang Yi dan Menlu RI Retno Marsudi (Dok Kemlu)

ERA.id - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi melakukan pertemuan bilateral di sela-sela pertemuan Menlu G20 di Bali pada Kamis (7/7/2022).

Selain membahas isu bilateral dan juga terkait dengan perhelatan G20, kedua menteri luar negeri membahas pentingnya stabilitas kawasan dan isu global.

Dikutip dari keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI, keduanya sepakat meminta negara berkembang untuk bersuara dalam upaya menghentikan perang Ukraina-Rusia.


"Keduanya juga sepakat mengintegrasikan kembali ekspor pangan Ukraina dan Rusia ke rantai pasok global," jelas keterangan resmi Kemenlu RI.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu China Wang Yi, pada Kamis (7/7/2022) yang berada di Bali dalam rangka menghadiri Pertemuan Menlu G20.

Menlu Wang Yi menyampaikan apresiasi terhadap Indonesia atas penyelenggaraan Pertemuan Menlu G20 yang inklusif mengingat peran strategis G20 dalam membahas isu-isu global.

Indonesia sampaikan apresiasi atas dukungan RRT untuk Presidensi Indonesia di G20 hingga KTT November nanti. Keduanya sepakat banyaknya tantangan yang dihadapi yang memerlukan kerja sama erat.



Tag: Menlu China Wang Yi Menlu RI Retno Marsudi Ukraina Rusia china G20 Menlu G20 pertemuan Menlu G20 Indonesia dan China Sepakat

Bagikan: