Momen Pertemuan Menlu Rusia - China di Bali, Bahas Negara Barat yang Ingin Selalu Dominasi Urusan Internasional

| 07 Jul 2022 16:42
Momen Pertemuan Menlu Rusia - China di Bali, Bahas Negara Barat yang Ingin Selalu Dominasi Urusan Internasional
Menlu Rusia dan Menlu China saat bertemu di Bali (Dok Kemenlu Rusia)

ERA.id - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi melakukan pertemuan bilateral di sela-sela Pertemuan Menlu G20 di Bali pada Kamis (7/7/2022).

Momen pertemuan tersebut diunggah situs Resmi Kementerian Luar Negeri Rusia. Dalam potongan video tersebut, keduanya tampak sangat akrab dan dekat.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dalam sambutannya mengatakan hubungan negaranya dengan China sangat penting dalam hal membentuk tatanan dunia yang lebih adil dan demokratis terutama berdasarkan piagam PBB dan hukum internasional.

Hal ini, kata dia, berbeda dengan kelompok Barat yang secara terbuka berusaha mempertahankan posisi istimewa dan dominasinya dalam urusan internasional.

"Saya ingin menekankan pentingnya hubungan strategis Rusia dan China," jelas Sergei Lavrov.

Seperti diketahui, Menteri Luar Negeri dari negara G20, termasuk China, AS dan Rusia melakukan pertemuan di Bali pada 7-8 Juli 20222.

Pertemuan Menlu itu mengambil tema  “Membangun dunia yang lebih damai, stabil, dan sejahtera bersama," pertemuan ini akan menjadi forum strategis untuk membahas upaya pemulihan global.​

Rekomendasi