Kasihan Demokrat, Pamer Survei Anies-AHY Juara Malah Dibilang Halu

| 19 Jul 2022 10:09
Kasihan Demokrat, Pamer Survei Anies-AHY Juara Malah Dibilang Halu
Anies Baswedan bersama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Sirkuit Formula E, Jakarta Utara (Dok. AHY)

ERA.id - Indopol merilis hasil survei capres-cawapres dalam 4 simulasi. Hasilnya, Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono jadi juara.

Survei itu disampaikan pada Jumat 15 Juli 2022 silam. Direktur Indopol Ratno Sulistiyanto mengatakan, simulasi paslon itu dibuat berdasarkan 4 poros yakni PDIP, Gerindra-PKB, NasDem-Demokrat-PKS, dan Golkar-PPP-PAN atau KIB.

Anies-AHY tentu saja disimulasikan akan mendapat dukungan NasDem-Demokrat-PKS. Hasilnya, mereka mendapat elektabilitas tertinggi. “Maka pasangan Anies dan AHY menempati posisi yang teratas dengan 34,72 persen. Meski kemudian yang belum menjawab masih banyak, yaitu 36,50 persen,” kata Ratno.

“Pasangan Puan Maharani-Erick Thohir 2,93 persen, Prabowo-Cak Imin 17,40 persen, kemudian Ganjar dan Airlangga 22,03 persen,” tambah Ratno.

Survei itu dilakukan dalam kurun 24 Juni-1 Juli 2022 dengan total responden 1.230 orang yang diambil dari seluruh provinsi. Survei diambil secara tatap muka dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini 2,8% serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Tentu saja hasil survei ini langsung disindir pegiat media sosial Denny Siregar. Demokrat pun jadi sasaran. Kata Denny, partai besutan AHY itu sedang berhalusinasi. “Terlalu halu itu gak baik, entar jadi gila,” tulis Denny, Senin (18/7/2022) yang dilihat ERA pada Selasa (19/7/2022).

Cuitan Denny itu menanggapi unggahan Partai Demokrat di Twitter-nya yang memamerkan hasil survei dari Indopol.

Rekomendasi