Longsor Timpa Dua Rumah di Cibogor Bogor, Satu Orang Terluka di Kepala

| 26 Jul 2022 22:04
Longsor Timpa Dua Rumah di Cibogor Bogor, Satu Orang Terluka di Kepala
Rumah tertimpa longsor (Diman S/ ERA)

ERA.id - Bencana tanah longsor kembali terjadi di Kota Bogor. Kali ini longsor terjadi di kawasan Kampung Gang Tarmidi RT 03 RW 06, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota  Bogor. Berdasarkan informasi longsor terjadi pada dinihari tadi pukul 02.00 WIB, Selasa (26/7/2022).

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofillo Francino Freitas mengatakan tanah longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas deras yang mengguyur wilayah tersebut. Lalu kondisi tanah yang labil dan aliran mata air di lokasi kejadian. Kejadian ini menyebabkan tanah longsor dengan panjang 10 meter dan tinggi 15 meter.

"Material tanah longsor ini lalu menimpa rumah milik Bapak Timbul Sitompul sehingga rumah tersebut saat ini tidak bisa dihuni serta material tanah longsor juga menimpa bagian kamar mandi dan atap rumah milik Bapak Ahmad Bela sehingga mengalami kerusakan," ujarnya.

Dampak kejadian ini juga, lanjut Theo membuat pohon jenis kemang dengan tinggi 15 m dan diameter 40 cm serta pohon jenis kicopong dengan tinggi 5 m dan diameter 10 cm ini tumbang serta terbawa tanah longsor.

"Tanah longsor juga menyebabkan terdapatnya korban luka atas nama Bapak Rian Sitompul (28 tahun). Korban mengalami luka sobek pada bagian kepala akibat tertimpa material tanah longsor. Saat ini korban sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor guna penanganan lebih lanjut," ucap Theo.

Theo juga menambahkan 2 rumah juga terdampak tanah longsor ini, yaitu rumah atas nama Timbul Sitompul dan Ahmad Bela. Masing-masing rumah berisi empat orang.

"Untuk sementara para korban diungsingkan. Assessment dilakukan oleh personil TRC-PB BPBD Kota Bogor. Melakukan koordinasi kepada pihak terdampak dan kelurahan setempat," tandasnya

Tags : longsor bogor
Rekomendasi