Profil Feri Amsari, Jadi Perbincangan Setelah Film Dokumenter Dirty Vote Viral

| 13 Feb 2024 23:00
Profil Feri Amsari, Jadi Perbincangan Setelah Film Dokumenter Dirty Vote Viral
Feri Amsari. (Foto: Dok. Antara)

ERA.id - Profil Feri Amsari sebagai akademisi menjadi sorotan setelah viralnya film dokumenter Dirty Vote. Bersama pakar hukum tata negara yang lain, antara lain Bivitri Susanti dan Zainal Arifin Mochtar, ia mendadak menjadi perbincangan masyarakat Indonesia.

Tiga orang tersebut secara bergantian memaparkan pihak-pihak di balik tiga pasangan capres-cawapres yang melakukan cara apa pun untuk memenangkan pasangan yang mereka dukung. Termasuk dengan menggunakan jabatan untuk memobilisasi alat-alat milik negara seperti kepala desa dan Pj kepala daerah.

Adapun yang paling dominan dibahas Feri Amsari dkk adalah Prabowo-Gibran, meski pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud juga sempat ikut menjadi sorotan dalam menjalani kampanye terselubung.

Lantas bagaimanakah profil Feri Amsari sebenarnya? Simak profilnya di bawah ini.

Poster film dokumenter Dirty Vote karya Dandhy Dwi Laksono. (Instagram/@greenpeaceID)

Profil Feri Amsari

Feri Amsari SH LLM adalah pria yang lahir pada 2 Oktober 1980 di Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Ia sudah dikenal sebagai seorang aktivis hukum dan akademisi Indonesia.

Feri Amsari berkarier sebagai seorang dosen sekaligus PNS di Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand) Padang. Dikutip dari laman jurnal KPK, sejak 2017 hingga 2023, ia juga sempat menjabat sebagai Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Unand.

Ia merampungkan pendidikan S1 dan S2-nya di Universitas Andalas pada tahun 2004 dan 2008. Ia juga tercatat sebagai lulusan William & Mary Law School, Amerika Serikat. Feri Amsari juga aktif menulis tentang hukum, politik, dan kenegaraan di banyak media cetak, baik lokal ataupun nasional.

Riwayat Pendidikan Feri Amsari dan Karya-karyanya

Feri mengawali pendidikan di SD Inpres Pegambiran, Padang hingga kelas 3, kemudian ia pindah di SD Negeri 290 Muara Bungo, Jambi hingga lulus pada tahun 1993. Selanjutnya ia menyelesaikan pendidikan di SMP Negeri 1 Muara Bungo (1996) dan SMA Negeri 1 Muara Bungo (1999).

Feri menempuh pendidikan dari Fakultas Hukum Universitas Andalas dan pada tahun 2008 berhasil meraih gelar sarjananya. Di universitas yang sama, ia melanjutkan pendidikan magister dengan IPK cumlaude. Kemudian meneruskan magister perbandingan hukum Amerika dan Asia pada William and Mary Law School, Virginia.

Selain aktif dalam kegiatan mengajar, Feri Amsari juga aktif menulis buku dengan tulisan bertema korupsi, politik, hukum, dan kenegaraan. Ia sudah menghasilkan karya sebanyak 5 judul buku.

Pada saat ini, tulisan-tulisannya sudah banyak dimuat di berbagai media cetak baik lokal maupun nasional. Ia juga tercatat aktif menulis ide-idenya pada jurnal-jurnal terkemuka terakreditasi dan terindeks Scopus.

Biodata Singkat Feri Amsari

  • Nama: Feri Amsari
  • Kelahiran: 2 Oktober 1980, Padang, Sumatera Barat
  • Usia: 43 tahun
  • Pendidikan: Universitas Andalas, William & Mary Law School
  • Dikenal karena: Pakar hukum tata negara
  • Suami/istri: Chitra Afsari

Demikianlah ulasan tentang profil Feri Amsari, yang sempat menjadi perbincangan setelah viralnya film dokumenter Dirty Vote beberapa waktu lalu.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi