Menag Curhat Perguruan Tinggi Islam Makin Sepi Peminat, Minta PTKIN Giat Main Medsos

| 25 Jun 2024 17:30
Menag Curhat Perguruan Tinggi Islam Makin Sepi Peminat, Minta PTKIN Giat Main Medsos
Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas. (Dok. Kemenag RI)

ERA.id - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengkritisi penurunan pendaftar dan peminat di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) setiap tahunnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Agama (Kemenag), peminat masuk PTKIN dalam rentang tiga tahun terakhir berjumlah 111.452 siswa pada tahun 2022; 110.101 siswa pada 2023; dan 111.124 siswa pada 2024.

Adapun jumlah pendaftar pada tahun 2022 berjumlah 100.879 siswa; tahun 2023 sebanyak 97.115 siswa; dan tahun 2024 berjumlah 93.819 siswa.

"Pasti ada sesuatu yang kurang dari kita, bisa jadi cara kita mensyiarkan pentingnya kuliah di PTKIN ini masih kurang, atau kita masih sering menggunakan cara-cara lama dari cara-cara baru agar anak-anak SMA itu tertarik masuk UIN atau PTKIN," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan di Jakarta, Selasa (25/6/2024), dikutip dari Antara.

Adik kandung Ketua Umum PBNU itu menyebut PTKIN harus mencontoh madrasah-madrasah di Indonesia, di mana sejumlah madrasah hingga kini masih jadi tempat favorit orang tua untuk memberikan pendidikan kepada anak mereka.

Ia menambahkan saat ini PTKIN kurang agresif melakukan penetrasi di media sosial. Oleh sebab itu, ia meminta masing-masing PTKIN membuat tim khusus untuk bermain di media sosial dan lebih aktif membicarakan soal kampus.

"Tidak cukup kalau hanya mengandalkan forum-forum offline, berapa yang bisa kita jangkau? Intervensi ke media sosial itu penting dan yang tidak kalah penting adalah kontennya," ujar Menag Yaqut. 

"Kontennya jangan kaku-kaku, kontennya harus memiliki cara berpikir anak-anak sekarang. Tanpa harus menyebut PTKIN mana, saya sudah melihat PTKIN yang sudah mulai bermain di media sosial, tetapi kontennya kurang menarik," ucapnya.

Selain itu, kata Gus Men, PTKIN perlu meningkatkan kolaborasi dengan sekolah-sekolah menengah atas atau sekolah umum maupun madrasah, serta memberikan beasiswa yang menarik minat calon peserta didik.

"Saya memiliki optimisme yang kuat atas PTKIN, karena apa yang diajarkan di PTKIN ini berbeda dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kita memiliki kekhususan yang tidak dimiliki oleh PTN. Dan saya meyakini di tengah gempuran ideologi budaya yang serba borderless, tidak ada batasan, ilmu-ilmu yang diajarkan di PTKIN itu bisa menjadi benteng pertahanan terakhir," ujarnya.

Rekomendasi