Erainpodcast : Keistimewaan Satelit Merah Putih

| 08 Aug 2018 11:56
Erainpodcast : Keistimewaan Satelit Merah Putih
Ilustrasi erainpodcast (Mahesa/era.id)
Jakarta, era.id - Erainpodcast akan membacakan informasi menarik yang disajikan oleh tim era.id. Kamu hanya cukup klik tombol "play" dan kamu bisa mendengarkan berita tanpa harus membaca. Inilah cara baru untuk menikmati berita.

Merah Putih, satelit milik PT Telkom Indonesia akhirnya mengorbit di angkasa. Peluncuran satelit dilakukan di Cape Canaveral Air Force Station, Florida, Amerika Serikat pada 12.18 WIB atau 01.18 waktu setempat dan disambut rasa bangga berbagai pihak, mulai dari pemerintah Indonesia sampai perusahaan internasional perakit wahana antariksa, SpaceX. 

Peluncuran Satelit Merah Putih bisa dibilang sebagai nostalgia dari peluncuran Satelit Palapa 42 tahun lalu. Iya, waktu itu tahun 1976, di tempat yang sama, Telkom pertama kali meluncurkan Satelit Palapa A1. Kini, Satelit Merah Putih meluncur dengan segala keunggulan yang jauh di atas Satelit Palapa.

Dibanding Satelit Palapa A1, keunggulan utama dari Satelit Merah Putih adalah kapasitasnya. Jika Satelit Palapa A1 cuma memiliki 12 transponder, Satelit Merah Putih meluncur dengan membawa 60 transponder. Selain itu, keunggulan lain dari Satelit Merah Putih adalah jangkauan yang lebih luas, stabilitas lebih tinggi, sampai biaya investasi yang lebih efisien karena dibawa dengan Falcon 9 yang reusable. Menurut rencana, Satelit Merah Putih akan mulai dioperasikan pada bulan September 2018.

 

Tags : erainpodcast
Rekomendasi