8 Universitas Terbaik yang Ada di Jakarta Versi Kemenristek

Tim Editor

Dok. UI

ERA.id - Jakarta merupakan kota tujuan semua orang. Tak hanya bagi orang yang bekerja, karena Jakarta memiliki UMR yang besar.

Tetapi juga para pelajar yang sedang mengejar cita-cita. Mereka berlomba-lomba ke Jakarta untuk mencari universitas terbaik.

Dan mMberharap menjadi lulusan terbaik, dan  mendapatkan karir terbaik. Di Jakarta juga.

Berikut ini adalah universitas-universitas terbaik di Jakarta versi Kemenristek/BRIN.

1. Universitas Indonesia


Betul, Universitas Indonesia masih menempati urutan pertama sebagai universitas terbaik di Jakarta. Tak heran jika UI hingga sekarang masih menjadi favorit para pelajar saat hendak meneruskan sekolahnya ke bangku perkuliahan.

Universitas Indonesia mendapatkan skor 3.401, sekaligus juga masuk dalam klaster 1 menurut Kemenristekdikti. Dengan begitu, UI bisa dimasukkan ke dalam golongan 5 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Universitas Indonesia sendiri merupakan perguruan tinggi negeri yang memiliki dua kampus, di tempat yang berbeda, yakni di Salemba dan juga Depok. Berdiri sejak tahun 1849 menjadikan UI sebagai salah satu institusi pendidikan yang paling tua di Asia. Sebanyak 400 ribu alumni sudah dicetak UI dari berbagai program studi. Dan tak sedikit dari para alumni ini yang menjadi orang penting di negara kita.

2. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara atau yang banyak disebut sebagai Binus University, menempati urutan kedua sebagai universtas terbaik di Jakarta. Dalam skala nasional, Binus University menempati peringkat ke-20, atau masuk klaster 2 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti. Binus University sendiri, kini sudah memiliki 9 fakultas, di mana di dalamnya terdapat banyak program studi.

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau yang biasa disebut sebagai Unika Atma Jaya adalah universitas terbaik berikutnya, di Jakarta. Dengan motto “Kristiani, Unggul, Profesional, Peduli” menjadikan Unika Atma Jaya bervisi menyeimbangkan antara iman kristiani dan ilmu pengetahuan teknologi. Dan tentu saja, hal ini ditujukan agar alumni mampu bersaing secara professional di Indonesia dan dunia Internasional.

4. Universitas Tarumanagara

Universitas yang terletak di kawasan Grogol, Jakarta Barat ini berdiri sejak tahun 1959. Dulunya, Universitas Tarumanagara yang biasa disebut sebagai UNTAR ini merupakan perguruan tinggi ekonomi dengan jurusan Ekonomi Perusahaan. Akan tetapi seiring dengan bertambah usia dan perkembangan zaman, UNTAR bertambah pesat sehingga menyediakan berbagai macam program studi. Teknik, ekonomi dan sosial, hingga kedokteran, merupakan program studi yang kini sudah ada di UNTAR.

5. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti berdiri sejak tahun 1965. Sekarang ini, Universitas Trisakti masuk ke dalam golongan perguruan tinggi swasta favorit di Jakarta, bahkan di Indonesia. Secara institusi, Universitas Trisakti sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Ribuan alumninya juga sudah dicetak universitas ini.

6. Universitas Mercu Buana

Universitas yang satu ini juga merupakan perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta. Kampusnya ada di empat kawasan. Yakni kampus A di wilayah Kebon jeruk. Kemudian Kampus B di kawasan Menteng. Adapun Kampus C di daerah Depok. Dan Kampus D di kawasan Bekasi.

Universitas Mercu Buana masuk dalam golongan 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia, versi Kemenristekdikti. Jadinya tak heran jika kampus ini, secara institusi sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

7. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma mempunyai visi yang keren, yakni menjadi perguruan tinggi swasta yang bereputasi internasional pada tahun 2022. Karena hal inilah, Universitas Gunadarma sering kali membuat program pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Tujuannya tentu saja agar bisa mencetak SDM yang maju dan berkarakter. Sebanyak lebih dari 30 program studi, dari mulai dari program sarjana sampai program doktor, kini sudah dimiliki Universitas Gunadarma.

8. Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta, yang dulunya bernama IKIP Jakarta, dikenal sebagai kampus yang mencetak para tenaga pengajar professional. Namun seiring berjalannya waktu, yakni di tahun 1999, IKIP Jakarta ini berubah menjadi Universitas Negeri Jakarta, atau UNJ. Alumni yang dihasilkan sudah lebih dari 30.000.

Itu dia 8 universitas terbaik yang ada di Jakarta. Kesemuanya merupakan kampus favorit yang menjadi incaran para pelajar di dalam meneruskan sekolahnya.

Ingin tahu lebih jauh mengenai kampus-kampus ini? Cek tiket Garuda Indonesia di Traveloka. Siapa tahu bisa dapat tiket murah ke Jakarta untuk mencari lebih lanjut informasi penting mengenai universitas-universitas terbaik yang ditulis di atas.

Dan ingat selalu untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan di mana pun. Supaya tubuh selalu sehat, dan segala hal pun menjadi lancar.

Tag: kampus peringkat kampus kuliah

Bagikan: