Terungkap, Inilah yang Membuat Cabai Memberi Sensasi Pedas di Mulut

| 09 Jul 2021 15:51
Terungkap, Inilah yang Membuat Cabai Memberi Sensasi Pedas di Mulut
Ilustrasi cabai (Wikimedia Commons)

ERA.id - Jika memakan sebuah cabai, pernahkah Anda bertanya soal mengapa cabai itu pedas? Apa yang membuat ia bisa memberi sensasi seperti terbakar dalam mulut?

Ternyata, hal itu sudah menemukan jawaban. Penelitian yang baik dari ilmuwan Australia, telah memberi kita semua pemahaman yang menarik. Seperti apa penjelasannya?

Begini, manusia sendiri, dilansir dalam Australian Geographic yang diterjemahkan secara bebas, telah membudidayakan cabai selama 6000 tahun, tetapi sampai sekarang kita masih mempelajari hal-hal baru tentang ilmu di balik panasnya dan bagaimana reaksinya dengan tubuh kita.

Pada akhir 1990-an, para ilmuwan mengidentifikasi saraf nyeri yang mendeteksi capsaicin: bahan kimia dalam cabai yang bertanggung jawab atas sebagian besar luka bakar.

Tetapi hanya dalam beberapa tahun terakhir para ilmuwan juga mempelajari mengapa cabai berevolusi menjadi pedas, dan mereka telah berhasil membudidayakan varietas baru yang 300 kali lebih panas daripada jalapeno biasa.

Apa yang telah kita ketahui selama lebih dari satu abad, bagaimanapun, adalah bahwa senyawa capsaicin bersifat hidrofobik, yang berati tidak larut dalam air, tetapi mudah larut dalam lemak dan minyak.

Inilah yang nenyebabkan mengapa susu full-cream menjadi solusi untuk memadamkan pedas dalam mulut. 

“Sesuatu dengan banyak lemak di dalamnya–seperti yogurt atau susu–akan melarutkan senyawa dan menghilangkannya,” kata Mark Peacock, ilmuwan tanaman dari University of Sydney, yang tahun ini membantu membudidayakan cabai terpedas di dunia.

Menurut Mark, bagian terpedas dari cabai bukanlah bijinya, tetapi daging putih yang menampung bijinya, yang dikenal sebagai plasenta.

Mengapa cabai tidak enak?

Cabai secara inheren tidak menyenangkan bagi manusia-capsaicin secara teknis adalah neurotoksin-namun setiap hari, lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia mengonsumsinya. 

Obsesi kita terhadap cabai setidaknya sebagian dapat dijelaskan oleh fakta bahwa tubuh kita melepaskan endorfin sebagai respons terhadap luka bakar. Ini adalah bahan kimia yang sama yang dilepaskan selama orgasme dan yang disebut 'runner's high'.

Anehnya, manusia menghargai sejumlah rasa yang pada dasarnya tidak disukai, kata Profesor Joel Bornstein, ahli neurofisiologi dari University of Melbourne.

“Asam dan pahit seharusnya tidak menyenangkan, tetapi kami telah mengubahnya dalam pikiran kami menjadi rasa yang menyenangkan,” katanya. "Ini mirip dengan capsaicin."

Tertipu dengan berpikir cabai itu pedas 

Capsaicin adalah kasus khusus, bagaimanapun, karena dapat menipu tubuh kita dengan berpikir cabai secara harfiah 'panas'.

“Sel saraf yang memiliki reseptor untuk mendeteksi capsaicin, beberapa di antaranya juga merasakan perubahan suhu,” kata Joel.

"Jadi ketika mereka diaktifkan, mereka memberi tahu otak ada rangsangan panas dan itu benar-benar terasa seperti mulut Anda terbakar."

Semakin terkonsentrasi reseptor saraf di bagian tertentu dari tubuh Anda, semakin sensitif bagian itu terhadap capsaicin. Itu sebabnya cabai masuk ke mata Anda tidak tertahankan, dan mengapa Anda harus melindungi tangan Anda saat menyentuh bagian dalam cabai yang masih panas. 

Untungnya bagi pencari panas, tampaknya capsaicin tidak menyebabkan kerusakan jaringan permanen, bahkan dalam dosis tinggi.

"Itu yang saya sebut 'sakit palsu'," kata Mark. "Itu tidak benar-benar menyebabkan Anda cedera fisik, meskipun rasanya seperti itu."

Rekomendasi