Gol dan Blunder dari Yuran Gagal Bawa PSM Gusur Madura United

| 16 Sep 2022 09:39
Yuran Fernandes (Dok. PSM Makassar)

ERA.id - PSM Makassar berhasil mempertahankan tren belum terkalahkan hingga pekan ke-10 kompetisi BRI Liga 1.

Usai duel dengan Dewa United di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Kamis (15/9/2022) malam, skor berakhir imbang 1-1.

PSM Makassar unggul terlebih dahulu melalui gol penalti Yuran Fernandes ( menit 38). Sedangkan gol balasan Dewa United dicetak oleh Majed Osman (61').

Hasil imbang membuat PSM Makassar gagal menggeser Madura United dari puncak klasemen sementara Liga 1.

Sedangkan tambahan satu poin membawa Dewa United memperbaiki posisinya di klasemen yang kini berada di uturan 11 dengan koleksi 11 poin.

Berjalannya laga

Dewa United vs PSM Makassar bermain terbuka di laga ini. Kedua kesebelasan menampilkan laga menarik dengan cukup banyak peluang terjadi.

Tim tuan rumah mengancam lebih dulu via Majed Osman. Peluang itu dibalas oleh serangan PSM Makassar lewat Yakob Sayuri. Tetapi, bola sepakan keduanya belum mengarah ke sasaran.

Peluang-peluang matang dalam laga ini baru tercipta dalam sepertiga akhir babak pertama. Dewa United FC mendapatkan dua peluang beruntun.

Setelah itu, giliran PSM yang menebar ancaman. Bek asing PSM, Yuran Fernandes melepaskan sundulan ke gawang yang sudah ditinggalkan kiper Dewa United.

Beruntung karena sundulan Yuran Fernandes masih mengenai kaki bek Dewa United, Risto Mitrevksi, sekalipun wasit tak memberikan sepak pojok bagi PSM.

Pada menit ke-38, PSM mendapatkan penalti setelah Yuran Fernandes dijatuhkan pemain Dewa United. Pemain asal Cape Verde itu maju sebagai algojo dan membukukan gol dalam laga ini. Gol penalti dari Yuran Fernandes membawa PSM unggul 1-0 sampai babak pertama usai.

Pada babak kedua, Dewa United mencoba menaikkan intensitas serangan. Pada menit ke-47, kapten Dewa United, Rangga Muslim, melepaskan tembakan tepat sasaran.

Bola yang sempat diblok kiper PSM masih bergulir menuju gawang. Beruntung, salah satu pemain PSM bergerak cepat untuk mencegah bola masuk ke gawang.

Skuad asuhan Nil Maizar akhirnya berhasil mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-61. Gol Dewa United dicetak oleh Majed Osman. Ia melambungkan bola melewati kiper PSM Makassar setelah mendapat bola liar dari sundulan bek PSM, Yuran Fernandes. Blunder Yuran berbuah gol, skor berubah menjadi 1-1 yang bertahan hingga pertandingan berakhir.

Tavares senang

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengatakan, pemainnya mampu mencetak lebih awal lewat kotak penalti. Namun sebelum itu, ada dua momen yang harusnya juga menjadi penalti.

"Kita mencetak lebih awal dari penalti, namun sebelum itu, ada dua momen yang salah satunya saya kira momen tersebut juga berakibat penalti. Saat itu lawan berteriak untuk mencoba untuk mengubah keputusan wasit," tuturnya.

Bernardo menegaskan, untuk pertama kalinya dia melihat wasit bertingkah seperti memberikan keputusan dari VAR.

"Tapi setahu saya, kita belum punya VAR di indonesia. Dan ini pertama kalinya wasit menganulir keputusannya dengan memberikan pelanggaran seperti apa yang terjadi pada saat keputusan VAR dilihat kembali," tutur Bernardo.

Meski demikian, Bernardo memeberi selamat kepada Dewa United. "Selamat sudah mendapatkan satu poin, pun kepada pemain-pemain saya. Saya kira satu poin away tidak terlalu buruk," ucapnya

"Dari hasil pertandingan hari ini, saya kira pemain sudah sempat bahagia sempat memimpin, tapi kita tidak mendapatkan kemenangan tersebut. Selain itu, hasil imbang tidak terlalu buruk untuk kita bawa di hari libur," tutup Bernardo.

Susunan pemain:

Dewa United: Muhammad Natshir; Bhudiar Muhammad, Mochammad Zaenuri, Risto Mitrevski, Jajang Sukmara; Theo Numberi, Lucas Ramos, Rangga Muslim; Sugeng Efendi, Majed Osman, Fahmi Al Ayyubi

Pelatih: Nil Maizar

PSM Makassar: Reza Arya Pratama; Yance Sayuri, Agung Mannan, Yuran Fernande, Akbar Tanjung; M Arfan; Dzaky Asraf, Ananda Raehan Alief, Yakob Sayuri; Ramadhan Sananta, Kenzo Nambu

Pelatih: Bernardo Tavares.

Rekomendasi